Kabardewata.com

Pariwisata

Promosi Pariwisata Indonesia ke Rusia

Kategori Pariwisata, May 22, 2017, Dilihat sebanyak 158 kali, Post oleh Admin Kabardewata


KBRI Moskow terus aktif melakukan promosi pariwisata hingga ke Timur Jauh Rusia. Kali ini untuk pertama kalinya Indonesia berpartisipasi dalam PITE di Vladivostok, tanggal 19-21 Mei 2017. Ajang promosi pariwisata ini diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Primorsky dan Kadin Primorsky. 
 
Partisipasi Indonesia dalam PITE kali ini diwakili KBRI Moskow dan diperkuat Pemprov Jawa Timur, KADIN DKI Jakarta, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Sidoarjo dengan dua booth khusus oleh KBRI Moskow dan Pemprov Jawa Timur. 
 
Di luar Penyelenggara, Indonesia merupakan satu-satunya peserta yang menampilkan pagelaran budaya selama tiga hari penyelenggaraan pameran dengan penampilan baik penari profesional dari KBRI dan mahasiswa Indonesia di Vladivostok. Hal ini berhasil menarik perhatian pengunjung yang membanjiri pameran dimaksud. 
 
Untuk mendapatkan impact konkret yang maksimum, KBRI secara khusus membawa dua travel agent terkenal Rusia, yakni Bounty Bali dan Otkrity yang selama ini berperan penting memobilisasi kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia.
 
Pada saat pembukaan PITE, Gubernur Primorsky, Vladimir Miklushevsky secara khusus berkunjung dan bercengkrama dengan Wakil Kepala Perwakilan RI, Lasro Simbolon dan jajaran di booth lndonesia. Yang bersangkutan yang mengaku sering berkunjung ke lndonesia, termasuk Bali memuji partisipasi lndonesia pada PITE.
 
Kepada Media Lasro Simbolon menjelaskan “lndonesia akan terus menggenjot promosi wisata di Rusia. Termasuk melalui PITE, MITT (Moscow International Tourism and Travel Expo) dan sales mission ke beberapa daerah." Lasro juga menegaskan Festival lndonesia yang akan digelar kembali tanggal 4-6 Agustus 2017 di Moskow akan sarat dengan promosi wisata, selain promosi dagang dan investasi. 
 
Ditegaskan bahwa Rusia merupakan pasar potensial wisman untuk Indonesia. Kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia sempat mendekati angka 100 ribu/tahun (tahun 2012, 2013 dan 2014). Jumlah ini sempat menurun di tahun 2015 seiring pelemahan Rubel, namun kembali menunjukkan tren positif di tahun 2016 dengan jumlah lebih dari 75 ribu wisatawan. Bahkan pada trisemester 2017, peningkatan wisatawan Rusia ke Indonesia mencapai lebih dari 76%. Wilayah Timur Jauh merupakan salah satu sumber utama wisatawan Rusia ke Indonesia. Sebagian besar (70-80%) kunjungan tsb ke Bali. KBRI Moskow dan pemangku kepentingan teekait terus menggenjot jumlah serta persebaran kunjungan ke destinasi potensil laiinya termasuk ke Danau Toba, Raja Ampat. Pulau Komodo dll. 
 
Kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia diyakini akan terus meningkat seiring dengan rencana penerbangan langsung Garuda Indonesia dari Jakarta dan Denpasar ke Moskow mulai Agustus 2017. Lasro menegaskan “Kehadiran lndonesia di PITE kali ini sekaligus guna menyongsong penerbangan langsung Garuda lndonesia tersebut.” 
 
Selain Rusia, termasuk beberapa daerah di wilayah Timur Jauh, PITE tahun ini diikuti oleh 9 negara Pasifik yaitu Indonesia, RRT, lndia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Vietnam, Guam dan Makao RRT. 

Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image