Kabardewata.com

Pariwisata

PHRI Dorong Pariwisata Kota Denpasar Berkualitas, Kreatif dan Berbudaya

Kategori Pariwisata, October 20, 2016, Dilihat sebanyak 150 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Ketua Badan Pimpinan Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Kota Denpasar, Ida Bagus Gede Sidharta Putra kepada wartawan di Sekretariat PHRI Bali mengaku, pihaknya siap mendorong canangan pemerintah untuk mewujudkan industri pariwisata di Kota Denpasar yang berkualitas, kreatif dan berbudaya. Sebagai pelaku khususnya yang tergabung dalam wadah PHRI, pihaknya menginginkan adanya diferensiasi produk dan keunggulan kepariwisataan Kota Denpasar, yang berimbas positif terhadap sendi kehidupan masyarakat yang ada di Kabupaten lain di Bali.

 "Kita ketahui bahwa Kota Denpasar mengedepankan pariwisata budaya. Tetapi kita juga ingin diferensiasi tetap dikedepankan, kreatif begitu. Kami dari PHRI tentunya ingin mewujudkan itu, jadi nantinya pariwisata itu untuk budaya, bukan budaya untuk pariwisata," ucapnya. 

Ketua Konsorsium Riset Pariwisata Universitas Udayana, Agung Suryawan Wiranatha pada kesempatan yang sama mengatakan, salah satu upaya untuk menciptakan industri pariwisata berkualitas adalah dengan kajian matang pemerintah, soal ketersediaan kamar hotel di Kota Denpasar. Ia berharap, Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharma Wijaya Mantra bersama jajarannya melakukan kajian komperhensif terkait dengan pengeluaran ijin hotel, yang tentunya harus dipertimbangkan dari besaran permintaan pasar.

"Kalau di Denpasar kita harapkan sebelum pengeluaran ijin itu ada analisis suplay and demandnya. Artinya kalau hunian bisa 70 sampai 75 persen sepanjang tahun, bisa buka hotel baru. Tetapi kalau hanya 60 persen, lebih baik wujudkan iklim yang sehat dulu untuk teman-teman yang sudah ada," ungkapnya. 

Sementara soal Industri Pariwisata yang berkualitas, kreatif dan berbudaya, akan diangkat sebagai isu besar dalam Musyawarah Cabang PHRI Kota Denpasar yang rencananya diselenggarakan Jumat (21 Oktober 2016) di Gedung Sewaka Dharma. Selain berbicara isu dan tantangan kepariwisataan Kota Denpasar, anggota BPC PHRI Kota Denpasar juga akan memilih calon nakhkoda sekaligus kepengurusan baru periode 2016-2021.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image