Kabardewata.com

Pariwisata

PATA Bali Berperan Penting Ajang Promosi Kepariwisataan

Kategori Pariwisata, May 29, 2015, Dilihat sebanyak 615 kali, Post oleh Putri Sukawening


Organisasi kepariwisataan The Pacific Asia Travel Association (PATA) Bali dan Nusa Tenggara dibawah bendera Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, sejatinya berperan penting dalam promosi pariwisata antar members se Asia Pasifik. 

Namun PATA Bali, selama 3 tahun terakhir mengalami kevakuman. Mengingat pentingnya peran PATA terhadap pariwisata Bali, kemarin seluruh members PATA Bali-NT dikumpulkan untuk memilih pimpinan yang baru. Pemilihan yang berlangsung dengan musyawarah mufakat, menetapkan IB Sidharta sebagai Ketua PATA Bali-NT.

IB Sidharta yang Ketua Yayasan Pembangunan Sanur, sekaligus Ketua PHRI Denpasar dan Ketua BPPD Denpasar dianggap mampu membawa PATA ke jalur yang seharusnya. Ketua GIPI Bali, Ngurah Wijaya yang dulu pernah menjabat sebagai ketua PATA Bali-NT ini mengagatakan bahwa PATA sangat berperan penting sebagai ajang promosi kepariwisataan. 

“Bagaimana kedepan supaya PATA aktif kembali, supaya members mendapat manfaat dari keberadaan organisasi ini, salah satunya sebagai jembatan bertemunya antara Pembeli dan Penjual,” jelasnya. 

Diungkapkan Ngurah Wijaya, saat ini GIPI tengah menjalin kerjasama dengan suatu badan yang memberikan bantuan untuk bisa menembus pasar Eropa bernama CBI. 

“Bali di plot dana melalui program sebesar 40 ribu Euro untuk melakukan pelatihan. Dan saat ini sedang berjalan pelatihan marketing. Selain itu cukup banyak program yang diberikan untuk satu tahun kedepan khusus untu Bali. jadi PATA juga bisa berperan nantinya dalam menjalankan perannya untuk mengedukasi,” jelasnya. 

Sementara itu, IB Sidharta ditemui disela-sela acara mengatakan organisasi yang bernuansa Internasional ini akan dikembalikan pada fungsi dan tujuannya.

 “Terpenting, kita perbaiki dulu organisasinya. Kembalikan fungsinya sebagai edukasi dan training development sehingga menghasilkan SDM yang berkualitas dalam organisasi ini. Kedepan, kemana organisasi ini dibawa tergantung SDM yang ada di dalamnya,” ujarnya. 

Dalam hal edukasi, IB Sidharta yang baru menjabat ini berjanji akan memetakan pelatihan apa yang diperlukan oleh insan pariwisata di Bali. “Kita petakan dulu edukasi apa yang pas. Tidak atas kemauan tapi berdasarkan kebutuhan,” imbuhnya


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image