Kabardewata.com

Pariwisata

Nusa Dua Fiesta 2016, Bring The World To Bali

Kategori Pariwisata, November 01, 2016, Dilihat sebanyak 120 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Nusa Dua Fiesta (NDF) 2016 sebagai pesta besar menjadi ajang penampilan atraksi seni, budaya, kuliner, olahraga dan hiburan selama sepekan penuh ini kembali akan digelar  di kawasan wisata Nusa Dua, Bali pada 12-20 November mendatang. Penyelenggaraan even tahunan NDF yang ke-20 dengan tema “Bring The World To Bali” kali ini  dimaksudkan untuk mengangkat nilai kawasan secara keseluruhan sebagai salah satu destinasi terbaik di Bali bahkan di Indonesia dan dunia serta sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) melalui pintu masuk utama (great) Bali yang memberikan kontribusi sebesar 45% dari total kunjungan wisman ke Indonesia.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan apresiasi penyelenggaraan Nusa Dua Fiesta 2016 dalam upaya  mempromosikan kawasan wisata Nusa Dua sekaligus meningkatkan kunjungan wisman ke Bali, khususnya menjelang liburan akhir tahun year and dengan menggelar even-even menarik. “Great Bali sebagai ‘jendela pariwisata Indonesia’ memberikan kontribusi sebesar 45% dari total kunjungan wisman. Tahun lalu dari 10,4 juta wisman ke Indonesia yang masuk melalui Bali sebanyak 4 juta wisman, sedangkan target tahun ini dari 12 juta wisman sebanyak 4,4 juta hingga 4,8 juta di antaranya melalui Bali. Oleh karena itu,  kunjungan wisman melalui great Bali harus, terutama menjelang year and  ditingkatkan antara lain dengan menggelar even-even  menarik,” kata Menpar Arief Yahya dalam jumpa pers NDF 2016 bersama Presiden Direktur PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M.Mansoer dan Direktur Operasional ITDC Ngurah Wirawan di Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Senin (31/10).

Menpar Arief Yahya mengatakan, pada Januari hingga Agustus 2016 jumlah kunjungan wisman ke Indonesia secara kumulaltif sebanyak 7.356.310 wisman atau tumbuh 8,39%. Dari total kunjungan wisman tersebut  yang masuk melalui great Bali sebanyak 3.176.309 wisman atau tumbuh 23,61% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. “Pada bulan Agustus 2016 ketika kunjungan wisman menembus angka 1 juta  atau 1.031.986 wisman  (untuk kedua kalinya setelah kunjungan bulan Juli 2016) yang masuk melalui  Bali sebanyak  440.121 atau tumbuh 46.28%. Pertumbuhan wisman yang tinggi ini harus dipertahankan antara lain dengan menciptakan even-even kreatif bersumber dari daya tarik seni budaya (culture), alam (nature) maupun manmade,” kata Arief Yahya.  

Presiden Direktur PT ITDC Abdulbar M.Mansoer mengatakan, PT ITDC sebagai perusahaan BUMN bangga dapat menyelenggarakan even tahunan yang dimulai sejak 1996 ini. Penyelenggaraan NDF 2016 dijadikan sebagai wahana apresiasi hotel dan tenant yang berada di Kawasan Pariwisata Nusa Dua (KPND) kepada para tamu dan pengunjung dan belakangan berkembang menjadi sebuah pesta besar (fiesta) yang merupakan ajang penampilan berbagai atraksi seni, budaya dan kuliner di Indonesia, termasuk kegiatan olahraga, hiburan dan pentas music lokal/nasional/internasional yang diolah secara harmonis.

“Even NDF 2016 dimulai dengan program Road to NDF 2016 tanggal 12 November 2016 berupa konser Julio Iglesias, kemudian secara resmi NDF 2016  akan dibuka oleh Menpar Arief Yahya pada 16 Nopember 2016, selanjutkan kegiatan akan terus berlangsung sampai 20 Nopember 2016,” kata Abdulbar M.Mansoer.

Abdulbar M.Mansoer mengatakan, seluruh rangkaian acara akan dipusatkan di Pulau Peninsula sebagai ikon baru KPND untuk berbagai acara besar di luar ruang dengan kapasitas pengunjung sampai 10.000 orang. “Penyelenggaraan NDF 2016 menggunakan konsep baru,  sebagai pesta seminggu penuh di Kawasan Nusa Dua, berupa rangkaian kegiatan yang tiada henti dari pagi sampai malam, dilaksanakan pada berbagai venue di dalam lokasi seluas 350 hektar, yang masing-masing memiliki bentuk kegiatan berbeda dan jadwal yang terukur jelas, sehingga seluruh peserta, penonton, tamu, pengunjung dan pemirsa TV maupun media sosial dapat menikmati suguhan tiada henti dan terus menerus berkelanjutan,” kata Abdulbar M.Mansoer.   

Pada  acara pembukaan NDF 2016,  sebagai satu acara pokok (main event),  akan dimulai dengan parade budaya, tari sekar jepun, keboIwa colosal dance dan cak Bali Mandara,  kemudian setiap pagi sampai siang hari acara akan diisi dengan pameran berbagai produk, permainan euro bungy, parade food truck dan demo/lomba kuliner serta body painting dan cosplay.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image