Kabardewata.com

Pariwisata

Menparekraf Menyampaikan Pesan Kepada Pelaku Pariwisata Bali

Kategori Pariwisata, October 02, 2014, Dilihat sebanyak 73 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Beberapa pekan ke depan Kabinet Indonesia Bersatu jilid II pemerintahan SBY-Boediono (2009-2014) akan segera berakhir. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Mari Elka Pangestu menyampaikan beberapa pesan khusus kepada pelaku pariwisata Bali.

"Marilah kita mempunyai komitmen dan visi bersama untuk sustainable tourism untuk Bali. Itu kan berarti pilihan ya, kalau mau. Saya rasa Bali 60 persen ekonominya dari pariwisata. Harusnya prioritinya pariwisata kalau nantinya harus mempelajari perimbangan-perimbangan  itu ya bagaimana kita memprioritaskan pariwisata tapi pariwisatanya harus dibangun secara berkesinambungan gitu ya," pesannya ketika melakukan pertemuan bersama pelaku pariwisata Bali di Nusa Dua baru-baru ini.

Melalui visi sustainable tourism atau pariwisata yang berkelanjutan, itu berarti tetap mempertahankan lingkungan, komunitas dan budaya. Sebab menurut Mari Elka, nilai lebih dari pariwisata Bali adalah budaya dan keindahan alamnya. "Sangat penting mempertahankan budaya itu," tegas Mari Elka yang masa kecilnya kerap berlibur di Bali.

Sementara itu menurut ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Ida Bagus Ngurah Wijaya selama ini bersama steakholder pariwisata di Bali telah menerapkan visi sustainable tourism.

"Justru kita dari insdustri menginginkan ini (pariwisata berkelanjutan-red). Pemerintah nggak. Kita dari industri sudah meminta pemerintah untuk moratorium, stop pembangunan hotel. Tapi pemerintah nggak," ucapnya.

Ngurah Wijaya menegaskan bahwa industri pariwisata Bali telah menjalankan dan menerapkan pariwisata berkelanjutan. Salah satunya dengan memugarkan kembali obyek wisata pantai yang telah rusak seperti yang dilakukan pelaku pariwisata  Bali di Desa Pemuteran, Bulelelng. "Kamu siap dan telah menjalankan pesan khusus Menparekraf," tegasnya


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image