Kabardewata.com

Pariwisata

Kemenpar Realisasikan Promosi Massif di Mancanegara

Kategori Pariwisata, February 24, 2016, Dilihat sebanyak 237 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Kabardewata - Kementerian Pariwisata pada periode kuartal pertama (Januari-Maret) 2016 langsung merealisasikan rangkaian kegiatan pemasaran dan promosi di seluruh kawasan-kawasan tempat asal wisman (origin).  Kegiatan tersebut mencakup pengiriman misi penjualan, melaksanakan dan atau mengikuti festival dan pameran. Pameran ada yang sasarannya masyarakat umum (B to C), ada yang sasaran B to B, selain itu juga event promosi pariwisata minat khusus dan MICE. 

Adapun program Famtrip, yaitu mendatangkan dari luar negeri para agen travel dan tur operator dengan mengunjungi berbagai destinasi pariwisata Indonesia. Pada umumnya mengunjungi Pulau Bali, dan dilanjutkan melakukan kunjungan ke destinasi pariwisata lain di Indonesia bagian timur dan barat. “Promosi di kawasan Asia Pasifik akan diberikan bobot utama, sebagai sasaran pengembangan pemasaran pariwisata mancanegara, di dalamnya pasar the Greater China diberikan fokus utama,” kata I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kementerian Pariwisata

Kegiatan pemasaran dan promosi periode Januari-Maret 2016 yang telah dan akan dilaksanakan antara lain: Kawasan ASEAN: Singapura, misi penjualan (1 kali), pameran (2 kali), menyelenggarakan festival (1 kali), dan famtrip (2 kali). Malaysia, misi penjualan (1 kali), mengikuti pameran (1 kali), menyelenggarakan festival (1 kali) dan famtrip (1 kali). Thailand misi penjualan (1 kali), festival (1 kali). Filipina, misi penjualan (1 kali), mengikuti pameran (2 kali). Dan Laos, misi penjualan (1 kali). Dari Brunei, famtrip 1. Dari Myanmar, famtrip 2. Di kegiatan wisata cross border dilaksanakan 10 festival, yaitu di Batam, Bintan, Atambua, Jayapura. 
 
Event yang bersifat pameran umum akan diikuti di Mumbai, India, di Perth, Australia, event IITM di Kalkuta, India, yang merupakan pameran BtoC. Pameran minat khusus dan MICE akan diikuti di Tokyo yaitu pemasaran wisata golf, pameran AIME di Melbourne, Australia, ke China Wedding Expo di Shanghai, ke Tokyo Marathon yang merupakan kegiatan BtoC, International Luxury Travel Market, Tokyo merupakan pertemuan BtoB, ke event China Golf Show di Beijing kegiatan BtoC, Outbound Travel Mart (OTM) Mumbai, juga BtoC, dan ke Perth Holiday Travel Fair, Perth, Australia, ini pun pameran BtoC. Dua Tour Operator yang mempuyai pangsa pasar besar di China telah memanfaatkan liburan Imlek untuk menarik wisatawan mancanegara asal China ke Indonesia. Dengan seri 65 charter flight keduanya mengangkut 23.000 wisman Tiongkok dari 11 kota menuju Pulau Dewata (Bali).
 
Kementerian Pariwisata menyambut dan memberikan dukungan  berupa Branding Wonderful Indonesia, Gala Dinner Chinese New Year dan  Cultural Performance. Di antaranya telah terlaksana tanggal 7 Februari yang lalu di Bali ketika wisman pengunjungnya yang hadir berjumlah 475. Pada 10 Februari jumlah wismannya meningkat hingga lebih dari 1300 dari asumsi sebelumnya 1150.

Adapun beberapa event lainnya di luar negeri untuk periode Januari-Maret 2016 ini  termasuk Indonesia Festival di World Cultural Festival di New Delhi, India. Pasifika Festival di Auckland, New Zealand. Indonesia Festival di Jeongwol Daeboreum Festival di Korea Selatan, dan Hongkong Flower Show di Hongkong. Kemenpar juga selama periode ini mengirimkan misi penjualan ke India (Chennai dan Mumbai), misi penjualan khusus produk wisata golf ke Jepang (Osaka – Nagoya – Tokyo), ke Korsel (Suwon-Seoul), ke Tiongkok (Shanghai & Beijing) dan misi penjualan wisata Ecotourism ke Perth, penjualaan wisata diving ke Tiongkok (Shanghai-Chongqing-Tianjin). Kegiatan yang berfungsi Direct Promotion dilaksanakan ke kota-kota Hong Kong, ke Shanghai, ke Shenzhen, ke Wellington di New Zealand.  
 
Ada program satu Famtrip dari India, dan satu lagi dari Australia. Famtrip khusus akan diselenggarakan untuk meliput peristiwa Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada 9 Maret 2016. Ini merupakan khusus famtrip bagi media dari Australia, Korea, China, India, dan Jepang. Pemasaran dan promosi ke pasar ETTAA (Eropa, Timur Tengah, Afrika, Amerika) periode Januari-Maret ini antara lain adalah melaksanakan event promosi pariwisata Indonesia di kota-kota Jeddah, di New York, di Beograd, Praha, Boston di AS , di Perancis, di San Fransisco akan dilaksanakan 2 kali event, di Dusseldorf, Frankfurt, Berlin, Fort Lauderdale di AS, di Moskow, dan di Dubai.

Bersamaan itu Marketing Communication (International) dilaksanakan dengan pemasangan iklan dan promosi lainnya di media elektronik, media online, media cetak, media ruang, tersebar praktis mencakup semua pasar wisman yang disasar oleh Indonesia. Termasuk  media CNN, CNBC, BBC, Fox, MTV Asia, TV Singapura, Malaysia, TV di Timur Tengah, TV Australia dan lain-lain. Juga termasuk Online Google, Youtube, TripAdvisor, Baidu,  di media cetak dan media ruang umumnya tampil pada bulan Maret di berbagai kawasan yang amat potensial sebagai pasar wisman bagi Indonesa.


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image