Kemenkes Gandeng Grab dan Good Doctor Vaksin 5.000 Pekerja Pariwisata di Bali

Kemenkes Gandeng Grab dan Good Doctor Vaksin 5.000 Pekerja Pariwisata di Bali

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) bersama Grab dan Good Doctor melaksanakan gerakan vaksinasi bagi 5.000 pekerja pariwisata, transportasi publik, dan mitra pengemudi Grab serta pengantaran di Bali. 

Gerakan ini dilaksanakan berbarengan dengan peresmian pusat vaksinasi yang dibangun Grab dan Good Doctor di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Minggu (28/2/2021). 

Hadir dalam kesempatan tersebut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Bali I Wayan Koster, Sekretaris Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani, Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, dan Managing Director Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana. 

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, vaksinasi yang dilaksanakan Grab dan Good Doctor sangat membantu pemerintah. 

Terlebih pemerintah telah mengidentifikasi setidaknya 38,5 juta pekerja di Indonesia masuk dalam kategori rentan terpapar Covid-19. Pekerja disebut rentan, lantaran diharuskan bertemu banyak orang tiap harinya. 

Seluruh pekerja rentan itu ditarget menerima dua kali vaksinasi paling lambat Juni 2021. Budi Gunadi Sadikin mengkalkulasi, untuk merampungkan target itu, diperlukan setidaknya 77 juta vaksin Covid-19.

"Itu tidak mungkin bisa saya lakukan sendiri. Itu harus dilakukan bersama-sama. Tidak mungkin Kementerian Kesehatan bisa lakukan secara eksklusif, tapi harus inklusif dengan teman-teman sekalian," ungkap Budi Gunadi Sadikin di BNDCC, Minggu (28/2/2021). 

"Malahan pemerintah Indonesia tidak cukup hanya membangun satu program, tapi harus mengajak semua komponen bangsa, pemerintah daerah, swasta, kalau perlu dari Sabang sampai Merauke, segala macam lintas Agama, untuk membangun gerakan, bukan program. Tetapi Gerakan Vaksinasi Indonesia," sambungnya. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno yang bergabung via sambungan virtual menilai, gerakan vaksinasi ini sebagai kolaborasi yang inspiratif. 

"Kita ingin 3.000 pekerja pariwisata yang hadir, yang mendapatkan vaksin hari ini di Grab Vaccine Center di Bali ini bisa memulai satu langkah yang kolosal dalam pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya.

"Ini sejarah kita melawan pandemi ini. Bahwa kita percepat langkah untuk mengatasi wabah. Pariwisata selalu menginspirasi seluruh dunia. Dan hari ini gerak cepat kita, gerak bersama kita dan gercep (gerak cepat), geber (gerak bersama), dan gaspol untuk vaksinasi ini, Alhamdulillah bisa diwujudkan oleh Bapak Menteri Kesehatan," lanjut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut. 

Sementara Gubernur Bali, I Wayan Koster mengapresiasi, gerakan vaksinasi yang diinisiasi Grab dan Good Doctor. 

Politisi PDI Perjuangan ini pun mengajak seluruh komponen masyarakat, ambil bagian dalam suksesi gerakan vaksinasi yang dicanangkan pemerintah. 

"Kalau ini bisa kita laksanakan dengan cepat, sesuai rencana Bapak Menteri Kesehatan, saya kira upaya kita bersama untuk pemulihan pariwisata di Provinsi Bali, dan pemulihan perekonomian itu akan berjalan lebih cepat," katanya. 

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata yang juga bergabung  melalui sambungan virtual mengemukakan, Grab Vaccine Center di Bali merupakan fasilitas pertama di Asia Tenggara yang menyediakan layanan Walk In dan Drive Thru. 

Pihaknya disebut selalu berkomitmen mendukung program pemerintah, salah satunya untuk menyukseskan gerakan vaksinasi nasional.

"Ini adalah usaha bersama. Kita bersama-sama gotong royong. Vaksinasi ini adalah usaha yang memang harus dilaksanakan secepatnya, dan hari ini kami bangga bisa bersama-sama mendukung, melahirkan inovasi baru yaitu pertama kali vaksinasi drive thru di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara," pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 




Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image