Kabardewata.com

Pariwisata

Industri Perjalanan Pariwisata Diharapkan Memikirkan Strategi Market

Kategori Pariwisata, May 04, 2016, Dilihat sebanyak 152 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Para pelaku dan pemangku kepentingan industri perjalanan pariwisata di Indonesia diharapkan dapat mengedukasi end user market atau para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Ruwie S. Rahardjo, General Manager Wego Indonesia, mengatakan stakeholder industri perjalanan pariwisata di Indonesia diharapkan mulai memikirkan strategi untuk terlibat dalam edukasi tersebut.

“Mereka [stakeholder industri perjalanan pariwisata] harus mulai berpikir bagaimana mengedepankan brand value, pelayanan, dan lain sebagainya, bukan justru saling berperang tarif karena pelayanan merupakan kunci dalam dunia travel dan tourism. Dengan hal ini, maka pelanggan akan semakin cerdas dalam memilih layanan wisata yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” terangnya saat ditemui di Nusa Dua, baru-baru ini.

Pihaknya pun telah mencoba merangkul para pelaku startup lokal Indonesia karena pihaknya ingin mempererat hubungan para pemain lokal tersebut serta menciptakan pasar yang berorientasi langsung kepada wisatawan.

“Selain itu, kami juga ingin menjadi pintu gerbang bagi pemain lokal yang ingin menyasar pasar global. Kita ingin berkolaborasi dan ingin agar ekosistem ini hidup lebih maju lagi,” ujarnya.

Menurutnya, kelemahan dari pemain lokal sendiri antara lain kurangnya kelengkapan protokol informasi, dimana hal ini sekaligus menjadi tantangan untuk meningkatkan kualitas pelayanan perjalanan wisata bagi lokal maupun mancanegara.

“Perbaikan konten itu juga dibutuhkan, kalau kita bicara perang tarif tidak akan pernah selesai karena kita sebagai stakeholder harus punya kepentingan bersama guna menumbuhkan industri pariwisata bersama. Kita harus lebih pintar, tidak hanya saling bersaing harga saja namun kini sudah saatnya mulai berpikir untuk mengedukasi market tentang brand value, yang nantinya setiap produk akan mempunyai ciri khas masing-masing,” paparnya.

Menurutnya, di era milenium sekarang ini yang dicari oleh wisatawan adalah bagaimana mereka bisa mendapatkan pengalaman wisata terbaik yang akan dipilih, bukan sekedar masalah harga yang terjangkau. “Jika pengalaman yang mereka dapatkan memuaskan, tentunya mereka akan datang lagi,” imbuhnya

 


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image