INDO MXGP Championship dan Sungailiat Triathlon 2017

INDO MXGP Championship dan Sungailiat Triathlon 2017

Penyelenggaraan kejuaraan olahraga motorcross bertaraf internasional  INDO MXGP Championship  yang baru pertama kali diselenggarakan Indonesia ini akan berlangsung di  Pangkal Pinang, Bangka  pada 4-5 Maret  2017, sedangkan lomba lari  Sungailiat Triathlon 2017 yang memasuki tahun ke-5 diikuti para atlet mancanegara tersebut akan berlangsung di Kota Sungai Liat,  Ibukota Kabupaten Bangka, pada 20-22 April 2017 mendatang. 

 

Penyelenggaraan wisata olahragga (sport tourism) ini sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan  ke Bangka Belitung sekaligus mendukung program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia yang tahun ini mentargetkan 15 juta kedatangan wisatawan mancanegara (wisman)  dan 265 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus)  di Tanah Air. 

 

Menpar Arief Yahya mengapresiasi penyelenggaraan event sport tourism internasional tersebut sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Bangka Belitung. “Event sport tourism memberikan dampak langsung (direct impact) pada ekonomi masyarakat serta mempunyai  nilai pemberitaan (news value) yang tinggi sehingga menjadi sarana promosi efektif,” kata Menpar Arief Yahya

 

 
   

Menpar Arief Yahya menjelaskan, lebih dari 27 negara dipastikan akan mengikuti ajang  INDO MXGP Championship sebagai salah satu kejuaraan olahraga motorcross bergengsi yang diikuti para pembalap motorcross terbaik dunia berlangsung di 19 sirkuit terbaik Eropa, Amerika Serikat, Qatar, Thailand, Malaysia, Argentina,  dan Meksiko pada Februari hingga  September. “The MXGP World Championship merupakan showcase sempurna karena ditonton lebih dari  1,42 miliar pemirsa TV. Kita gunakan momentum ini sebagai ajang untuk mem-branding Wonderful Indonesia ke mancanegara,” kata Arief Yahya. 

 

Sementara itu penyelenggaraan Sungailiat Triathlon 2017 ditargetkan akan diikuti 600 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia dan mancanegara atau terjadi peningkatan signifikan dibandingkan pada penyelenggaraan Sungailiat Triathlon 2016 tahun lalu  diikuti 428 peserta dari 19 negara. Sungailiat Triathlon 2017 akan melombakan  kelas individual long distance, individual standard distance, individual sprint distance, dan relay standard distance

 

Gubernur  Babel  Rustam Effendi mengatakan, dua event sport tourism ini dijadikan sebagai sarana untuk mempromosikan potensi pariwisata Bangka Belitung sebagai destinasi kelas dunia,  termasuk kawasan Tanjung Kelayang yang ditetapkan oleh pemerinah sebagai satu di antara 10 destinasi prioritas atau sebagai ‘Bali Baru’. “Event wisata olahrga ini dapat  mendatangkan wisatawan dalam jumlah besar sehingga memberikan dampak ekonomi dari belanja wisatawan,” kata Rustam Effendi. Gubernur  Rustam Effendi menjelaskan, dipilihnya Pangkal Pinang sebagai lokasi penyelenggaraan INDO MXGP Championship 2017 antara lain karena memiliki tekstur tanah yang berpasir sebagai karakter yang cocok untuk sirkuit MXGP. Selain itu  lokasi tersebut merupakan satu-satunya venue yang langsung berseberangan dengan  pantai yang tumbuh resort dan hotel. “Kita akan manfaatkan ajang INDO MXGP Championship 2017 untuk mempromosikan Worderful Pangkal Pinang,” kata Rustam Effendi. 

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait