HPI Perkirakan Terjadi Peningkatan Wisman Tiongkok Cukup Signifikan

HPI Perkirakan Terjadi Peningkatan Wisman Tiongkok Cukup Signifikan

Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok, diprediksi akan menunjukkan tren positif hingga 5 tahun kedepan. Bahkan khusus perayaan Imlek, Sabtu (28/1/2017), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) memperkirakan akan terjadi peningkatan kunjungan wisman tiongkok yang signifikan.

Menyikapi kondisi itu, Ketua Umum HPI, Sang Putu Subaya kepada wartawan, disela-sela Musdalub HPI Bali, di Denpasar, baru-baru ini memastikan kesiapan para anggotanya. Menurutnya dengan 1.300 anggota pramuwisata divisi mandarin, akan siap melayani seluruh tamu tiongkok yang bakal datang ke Bali ketika Imlek.

"Saya pikir dengan seribu itu sudah memadai sekali. Cuma persoalannya kenapa kadang selalu didorong suatu wacana kekurangan-kekurangan. Memang ada benarnya, karena kita dapat informasi dari ASITA, itu sekarang pola bepergian ber-group, bergerombol itu, sudah banyak bergeser," katanya.

Sang Putu Subaya mengatakan, untuk pramuwisata mandarin, Bali juga dibantu para tenaga guide dari daerah lain. Menurutnya saat ini ada 600an tenaga pramuwisata dari luar Bali, yang melayani wisman asal Tiongkok. Para pramuwisata luar Bali itu diantaranya berasal dari Kepulauan Riau, Medan dan Jakarta.

Meski regulasi sudah memungkinkan hal itu, akan tetapi aturan lain masih mewajibkan guide luar daerah mengantongi sertifikat kompetensi tenaga kepariwisataan, serta lulus uji pengetahuan soal budaya Bali. 

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait