Goa Garba

Goa Garba

Goa Garba merupakan salah satu peninggalan purbakala sama seperti peninggalan arkeologi lainnya yang ada Gianyar. Goa ini terletak di Banjar Samigunung, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar Bali.

Goa Garba berada dibawah Pura Agung Pengukur-ukuran. Goa ini adalah sebuah ceruk pertapaan yang dipahat pada dinding tepi jurang sungai Pakerisan, untuk mencapai cagar budaya ini kita harus terlebih dahulu turun melewati gapura yang tangganya tersusun rapi dan terbuat dari batu kali. Di tengah-tengah antara tangga yang terbuat dari susunan batu kali tersebut terdapat bekas telapak kaki manusia yang konon menurut cerita adalah telapak kaki yang membuat tempat pertapaan itu sendiri yaitu Kebo Iwa, seorang yang memiliki kesaktian yang mandraguna. Diatas Goa Garba terdapat beberapa kolam dan pancuran dimana pada sisi salah satu kolam tersebut sebuah lubang masuk menuju goa. Di lokasi Goa Garba terdapat sebuah tulisan yang dipahat berbunyi “ Sra’. Goa Garba ini sering dikunjungi oleh orang-orang yang ingin melakukan meditasi.

Goa Garba diperkirakan dibangun sekitar abad 12 Masehi pada masa pemerintahan Raja Jayapangus, ini berdasarkan prasasti yang terdapat pada Pura Pengukur-ukuran. Demi tetap terjaganya kebersihan Goa Garba ini dikerjakan oleh enam orang yang telah mengabdi selama bertahun-tahun dilokasi cagar budaya ini.

Penduduk sekitar Goa Garba ini sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, namun ada juga yang bekerja sebagai buruh dan karyawan. hal ini bisa terlihat saat menuju lokasi banyak sawah terbentang dimana Goa Garba ini berada. Untuk mendukung sektor kepariwisataan, saat ini dilokasi Goa Garba terdapat pelataran parkir yang luas.

Untuk sampai ke objek wisata Goa Garba ini diperlukan waktu lebih kurang 50 menit atau kira-kira 34 km perjalanan dari Kota Denpasar Bali bila menggunakan kendaraan bermotor. Bagi anda datang ke Bali dan ingin menyaksikan peninggalan sejarah yang masih terawat sampai saat ini, Goa Garba ini merupakan tempat yang harus anda kunjungi.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait