Kabardewata.com

Pariwisata

Bali Tawarkan Promosi Pariwisata Kepada Parlemen India

Kategori Pariwisata, April 20, 2016, Dilihat sebanyak 182 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, mempromosikan pariwisata dan kesenian pulau dewata kepada delapan anggota parlemen India yang berkunjung ke Bali, di ruang kerjanya, Kantor Gubernur Bali, di Denpasar. Kepada anggota parlemen yang dipimpin oleh Ravi Prakash Verma, MP dari partai Rajya Sabha tersebut, Pastika membeberkan beberapa event internasional kelas dunia yang berhasil dihelat di Bali.
 
Dalam kurun beberapa tahun terakhir ini, menurutnya Bali telah menjadi tuan rumah event berskala internasional, seperti Bali Democracy Forum, pertemuan tingkat menteri dalam bidang energi, ekonomi, hingga pertemuan tingkat kepala negara KTT APEC juga dipercayakan digelar di Bali. “Hingga acara Miss World pun diadakan di Bali, ini membuktikan bahwa Bali sudah makin diperhitungkan di kancah internasional,” bebernya.

Lebih lanjut, Pastika juga menambahkan Bali sebagai pulau kecil di Indonesia, hingga saat ini banyak memiliki julukan. Mulai dari the Island of Gods, the Island of Paradise, the Island of Love dan the Island of Tolerance. Khusus untuk julukan terakhir, orang nomor satu di Bali ini mengakui bahwa sampai saat ini Bali masih menjadi role model dalam hal toleransi dan kerukunan umat beragama. Di Bali meskipun 80% penduduknya beragama Hindu, namun banyak juga terdapat masyarakat dengan keyakinan yang berbeda.
 
Meskipun begitu, dia menjelaskan hampir tidak ada gesekan agama terjadi di sini, sehingga banyak daerah lain yang ingin belajar ke sini. Selain itu, kerukunan yang terjalin selama ini juga memberikan dampak suasana yang kondusif, dan secara tidak langsung telah menopang kehidupan pariwisata Bali.
 
“Kami di Bali hidup dari pariwisata, jadi keamanan dan kenyamanan adalah syarat utama, maka dari itu kami benar-benar jaga kondisi di sini,” imbuhnya. Pada kesempatan itu, Pastika juga menjelaskan berbagai tradisi dan adat Bali yang banyak diadopsi dari India. Seperti agama yang dianut oleh sebagian besar masyarakat merupakan proses asimilasi dari India. Selain itu, yoga dan meditasi juga semakin digandrungi oleh masyarakat, hingga tidak sedikit mendatangkan guru dari India. Ke depan Pastika berharap, kerja sama antar Indonesia khususnya Bali dengan India semakin terjalin, mengingat latar belakang kebudayaan kita hampir sama.

Sementara itu Ravi Prakash sangat mengapresiasi sambutan gubernur Bali beserta masyarakat. Menurutnya Bali meskipun kecil, namun juga menyimpan berbagai keindahan alam dan tradisi. “Ditambah dengan keramahan masyarakatnya, saya yakin ini kunci Bali mengembangkan pariwisata hingga masih menjadi destinasi wisata favorit dunia,” jelasnya dengan kagum. Di samping itu, dia juga mengapresiasi langkah pemerintah dalam menjaga stabilitas keamanan di sini. Dia tidak menampik suasana Bali yang kondusif menjadi salah satu pertimbangan wisatawan untuk selalu berlibur kesini.
 
Mengenai tradisi India yang sudah banyak dipraktekan di Bali, dia sangat mengapresiasi. Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa yoga dan meditasi hingga saat ini sudah mendunia. Dan, kelebihan dua aktivitas itu sudah banyak dirasakan oleh masyarakat. “Tentu saya sebagai warga India sangat bangga masyarakat Bali semakin menggandrungi yoga dan meditas,” imbuhnya. Di samping itu, dia juga membeberkan bahwa pemerintah India sedang menyiapkan program beasiswa untuk pelajar Indonesia, maka dia mengajak anak muda, khususnya Bali untuk ikut berpartisipasi. Mengenai kerjasama ke depan, dia juga sepakat untuk terus ditingkatkan, apalagi Indonesia dan India punya sembohyan yang sama “Unity in Diversity”, berbeda-beda tapi tetap satu juga.

Pastika merespon positif program beasiswa yang ditawarkan pemerintah India. Menurutnya, sampai saat ini sudah ada beberapa pelajar di Bali khususnya dari SMA Bali Mandara yang mendapat beasiswa di India, seperti di Maharsi University dan Osmania University di India. Mengenai tawaran untuk pelajar, Pastika berjanji akan mensosialisasikan ke semua anak muda di Bali.

 


Sumber: Redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image