Kabardewata.com

Pariwisata

Bali dan Hainan Tiongkok Jajaki Kerjasama Ekonomi dan Pariwisata

Kategori Pariwisata, July 27, 2015, Dilihat sebanyak 170 kali, Post oleh Rusadi Nata


Bali kerjasama antara Hainan dan Bali sudah terjalin sejak 2011 dimana kedua provinsi ini memiliki banyak persamaan baik dari kondisi geografis ( berupa kepulauan) , sama sama terletak di jalur sutra maupun dari segi sosial budaya juga  pada sektor ekonomi dimana kedua pulau ini sama sama bertumpu pada sektor pariwisata. 

Gubernur menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas kedatangan para jurnalis di Bali dan berharap kunjungan para jurnalis akan membawa hasil baik sebagaimana kunjungannya bersama beberapa jurnalis ke Hainan  pada bulan Maret  yang lalu. Ia menyampaikan bahwasannya Hainan memiliki prospek pariwisata yang cukup tinggi dengan iklim subtropis yang sangat bagus dan  letak Hainan  di kepulauan membuat provinsi ini memiliki banyak wilayah pantai  yang akan bisa menjadi nilai jual pariwisata yang cukup memikat.

“ Bali bisa dijadikan showroomnya Hainan karena Bali  banyak didatangi oleh wisatawan dari manca negara,” imbuhnya disela-sela menerima kunjungan 5 jurnalis dari Hainan Daily di Denpasar.

Ia juga berharap agar segera dibuka penerbangan langsung dari Hainan ke Bali dan sebaliknya, sehingga akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke kedua pulau. Dalam kesempatan ini Gubernur juga mengundang Provinsi Hainan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pesta Kesenian Bali di tahun berikutnya karena PKB bisa dijadikan sebagai ajang promosi pariwisata yang bagus untuk memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan Hainan ke mata dunia internasional.

Sementara itu pimpinan Director of Politics Information Department of Hainan Daily Mr Weng Chaojian menyampaikan Ia sangat terkesan dengan keramah tamahan masyarakat Bali. Sebagai provinsi yang sama sama berada di jalur sutra dan mengembangkan pariwisata ia sangat berharap bahwa Provinsi Hainan dapat belajar banyak tentang pariwisata Bali. Sebagai surat kabar terbesar di Hainan dengan 1300 pegawai dan menerbitkan 6 jenis surat kabar, ia  berharap kerjasama antar sama  jurnalis juga bisa terbentuk. Ia berharap dengan kunjungan ini kerjasama dalam bidang pariwisata semakin meningkat sehingga nantinya Hainan bisa menjadi daerah tujuan pariwisata dunia seperti Bali.

Dalam kesempatan dialog, ia juga menanyakan kiat yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi Bali untuk mengembangkan pariwisatanya hingga bisa menjadi daerah tujuan pariwisata dunia. Menanggapi pertanyaan tersebut, Pastika menyampaikan sesungguhnya Bali adalah pulau yang kecil yang  tidak memilki nilai jual dari segi teknologi dan kemewahan, tetapi Bali memiliki keunikan yang tak lain adalah budaya dan tradisi masyarakat Bali itu sendiri. 

“Budaya dan tradisi inilah yang mendatangkan uang,” jelasnya. Lebih lanjut dikatakan baik pemerintah tingkat kota/kabupaten dan pemerintah provinsi telah menggelontorkan dana yang tidak sedikit guna mempertahankan budaya dan tradisi di pulau dewata. “Teknologi boleh maju tapi budaya dan tradisi tetap dipegang kuat,” pungkasnya.

Keindahan Pulau Bali sebagai Pulau Seribu Pura, Pulau Penuh Cinta dan Pulau Surga ditampilkan dengan sangat apik dalam video ini. Menutup pertemuan ini gubernur menyorot peran jurnalis dalam upaya mempromosikan pariwisata melalui pemberitaan. Ia berharap media dapat membantu mempromosikan potensi pariwisata di kedua belah pihak sehingga nantinya  tingkat kunjungan pariwisata khususnya wisatawan Tiongkok ke Bali semakin meningkat. Ia mengajak seluruh pelaku pariwisata dan pemangku kepentingan bekerjasama mendukung hal tersebut. Menurutnya sebagai tuan rumah Bali perlu mengetahui apa yang disukai atau tidak disukai dari para wisatawan yang datang ke Bali

 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image