Kabardewata.com

Pariwisata

72 Cruise Dijadwalkan Singgah di Bali Tahun 2017, Meningkat 50%

Kategori Pariwisata, March 31, 2017, Dilihat sebanyak 170 kali, Post oleh Admin Kabardewata


 

General Manager PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Benoa Ardhi Wahyu Basuki mengatakan, saat ini sudah ada 72 callship hingga penghujung 2017. Angka itu diakui meningkat diatas 50% dibandingkan tahun 2016.

Kunjungan kapal pesiar (cruise) ke Bali khususnya di Pelabuhan Benoa menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun. Tahun 2017 jadwal kedatangan cruise diperkirakan melebihi angka 70 unit.

“Kalau ditahun 2017, direncanakan, dijadwalkan ada 72 kapal pesiar. Ini meningkat sekitar 25 call dari tahun kemarin. Tahun kemarin kan terealisasi 47 call,” ungkap Ardhi Wahyu Basuki kepada wartawan di Denpasar belum lama ini.
 
Ardi Basuki menilai permintaan agen cruise untuk masuk Bali tidak akan pernah turun. Hal itu disebabkan daya tarik kepariwisataan Pulau Dewata yang sangat besar. Belum lagi diawal Maret ini Bali dinobatkan sebagai destinasi wisata terbaik dunia versi tripadvisor mengungguli London dan Thailand.

“Jadi memang permintaan untuk masuk Bali ini nggak akan pernah turun menurut saya,” katanya

Guna menyiasati lonjakan penumpang itu, pihaknya berencana membangun terminal penumpang baru. Ardhi Basuki menjelaskan, terminal baru akan mulai dikerjakan awal bulan April 2017. Diakui gedung terminal baru itu memiliki kapasitas 3 kali lipat lebih besar dibandingkan terminal sebelumnya.

“Kami tahun ini akan membangun terminal penumpang baru. Ditempat exsisting, yang sekarang terminal penumpang, disamping ada Pura, disampingnya lagi ada tanah kosong, disana akan kita bangun. Jadi tiga kali lipat,” jelasnya.
 
Ardhi Basuki mengatakan, terminal baru itu mampu menampung setidaknya 1.500 orang dalam waktu bersamaan. Disinggung soal teknologi dan Sumber Daya Manusia (SDM), dipastikan pihaknya sudah memiliki dua hal itu untuk mendukung operasionalisasi terminal baru sekaligus menyikapi lonjakan kunjungan kapal pesiar


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image