Kabardewata.com

Berita Utama

OJK Regional Bali-Nusra Minta Bank Umum dan BPR Kerjasama Salurkan KUR

Kategori Berita Utama, February 22, 2016, Dilihat sebanyak 148 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Kabardewata - Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional Bali dan Nusa Tenggara Zulmi  meminta agar bank umum bekerjasama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dalam menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR).

Zulmi,  mengatakan salah satu yang menjadi perhatian pihaknya saat ini adalah adanya BPR-BPR yang mengeluhkan dengan adanya program KUR dari pemerintah tersebut, bank umum mengambil alih debitur-debitur yang telah dibina oleh BPR.

“Kemungkinan mengambil alih debitur tersebut bisa saja terjadi dan itu sudah ada respon dari BPR-BPR terutama di Pulau Jawa, untuk di Bali sendiri mereka baru menyampaikan kekhawatirannya. Kami akan koordinasikan hal tersebut agar tidak terjadi, maka dari itu kami mengharapkan adanya kerjasama antara bank umum penyalur KUR dengan BPR,” jelasnya, di Denpasar.‎

Dia menambahkan, dalam menyalurkan KUR, bank umum tentu mencari debitur-debitur potensial dengan usaha yang dirasa sudah cukup stabil sehingga dengan suku bunga rendah sebesar 9%, debitur pasti tertarik untuk mengambilnya.

“Kerjasama antara bank umum dan BPR tersebut bisa melalui linked program atau melalui jaringan. Misalnya saja jika bank umum terjun langsung ke lapangan salah satu kendala mereka adalah sumber daya manusia yang terbatas sehingga untuk menjangkau pengusaha-pengusaha kecil atau usaha start up mereka bisa memanfaatkan BPR di daerah masing-masing sebagai perpanjangan tangan,” paparnya.

Zulmi mengungkapkan, pihaknya akan segera memanggil bank umum penyalur KUR dan mengkoordinasikannya agar dapat bekerjasama dengan BPR untuk merealisasikan sinergisitas ini.


Sumber: redaksi

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image