Kabardewata.com

Berita Utama

OJK Dorong Masyarakat Kelola Uang Sejak Dini

Kategori Berita Utama, May 21, 2015, Dilihat sebanyak 199 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Muhamad Budiman, Kepala Bagian Edukasi OJK, mengatakan edukasi keuangan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya merencanakan keuangan sedini mungkin serta mengetahui manfaat dan resiko produk dan jasa keuangan. Selain itu, mengenai hak dan kewajiban sebagai konsumen keuangan juga dijelaskan dalam kegiatan ini.

OJK  mendorong masyarakat pandai mengelola keuangan sejak dini, salah satunya melalui cara-cara sederhana, seperti mencatat pemasukan atau pengeluaran.

"Kami juga berharap para peserta dapat menjadi penyuluh di komunitas dan masyarakat dengan menyampaikan materi pengetahuan yang diperoleh selama pelatihan ini," terangnya di Denpasar, Rabu (20/5/2015).

OJK di Ibu Kota Provinsi Bali melatih penyuluh dan petugas lapangan keluarga berencana yang bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bali.

Para penyuluh dilatih dengan harapan mampu menyadarkan masyarakat dalam menyikapi penggunaan uang secara bijak serta dapat menggunakan produk jasa dan keuangan dengan terlebih dahulu mengetahui tentang manfaat, risiko, hak, dan kewajibannya.

"Tentunya penggunaan produk dan jasa keuangan tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhannya dalam kehidupan sehari-hari," imbuhnya.

Dia menegaskan, masyarakat perlu berhati-hati terhadap berbagai bentuk tawaran untuk menempatkan dananya dengan iming-iming mendapatkan imbal hasil di luar kewajaran.

"Melalui materi perencanaan keuangan ini, harapannya peserta dapat membuat rencana keuangan sendiri, minimal membuat buku catatan pemasukan dan pengeluaran keuangan sehari-hari. Selain itu mereka juga harus waspada pada berbagai bentuk penawaran," paparnya

 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image