Kabardewata.com

Berita Utama

MEA 2015, Koperasi Siapkan Sertifikasi Tenaga kerja Asing Jika Bekerja di Indonesia

Kategori Berita Utama, September 22, 2014, Dilihat sebanyak 157 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Memasuki era perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015 depan. Semua komponen di Indonesia bersiap. Salah satunya adalah Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin). Ketua Umum Dekopin, Nurdin Halid menuturkan, intitusinya sudah menyiapkan berbagai strategi ekonomi globalisasi tersebut. Salah satunya adalah menyiapkan sertifikasi kepada tenaga kerja asing yang akan bekerja di sektor koperasi di Tanah Air.

"Kita sudah menjalin kerja sama dengan LPPM sebagai lembaga sertifikasi. Nantinya setiap pekerja asing harus memiliki sertifikasi sebagai standar dalam pengelolaan koperasi di Tanah Air," kata Nurdin saat memberi keterangan resmi di sel-sela pertemuan ICA Asia Pasifik di Nusa Dua,

Selain kualitas SDM yang andal, Nurdin menyebut Dekopin juga akan berupaya meningkatkan kualitas produk sesuai standar internasional. Tujuannya agar produk dalam negeri mampu bersaing dengan produk luar negeri.

Koperasi Indonesia, sambung Nurdin memiliki posisi tawar tinggi di dunia internasional. Dari 7 miliar penduduk dunia, kata dia, 1 miliar di antaranya merupakan anggota koperasi. "Dari jumlah itu, 530 juta penduduk dunia anggota koperasi berada di kawasan Asia Pasifik," katanya.

"(Koperasi) kita lebih strong dari pada Afrika, AS dan Eropa. Dari negara di kawasan Asia Pasifik, Indonesia sangat signifikan.ada  420 ribu pekerja di sektor koperasi di Indonesia," tambah Nudrin.

Lantaran besarnya potensi tersebut, maka sertifikasi dan peningkatan kualitas produk merupakan kebutuhan mutlak. Nurdin mengaku tak khawatir dengan serbuan tenaga kerja asing dalam sektor koperasi. Koperasi, katanya, sudah ada ketentuan dan sektor yang mengaturnya.

Menurut Nurdin, koperasi juga didorong untuk meningkatkan perannya secara aktif dalam kebijakan pembangunan berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan kesadaran perekonomian global yang juga mengharapkan peran aktif koperasi dalam sektor pembangunan berkelanjutan.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image