Kabardewata.com

Berita Utama

Masyarakat Bali Diminta Bisa Hadapi Tantangan Jaman Global

Kategori Berita Utama, April 14, 2014, Dilihat sebanyak 157 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Kabardewata.com - Denpasar 2014, Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, mengharapkan semua komponen masyarakat Bali,  bisa bersatu untuk bisa menghadapi tantangan jaman ke depan. Hal itu disampaikan Gubernur Bali dalam acara Dharma Santi Hari Raya Nyepi tahun Caka 1936 juga dirangkaikan dengan perigatan 1000 tahun adanya Desa Pekraman, di Bali, 10 tahun terbentuknya   Majelis Utama Desa Pekraman dan 55 tahun PHDI, di Taman Budaya Art Center Denpasar, Sabtu (12/4/14)

“Sesuai tema Dharma Santi kali ini yaitu gilik seguluk untuk bangkit bersama mejadi terhormat menuju Bali Santi maka saya berharap persatuan dan kesatuan diantara kita bisa terjalin, parisada solid, lembaga tradisional semua solid sehingga kita bisa menghadapi tantangan jaman ke depan” tegas Pastika.

Mengenai  konflik-konflik Desa Pekraman yang terjadi selama ini, Pastika menjelaskan bahwa dengan konsep “desa mawacara” sangat berpotensi terjadinya konflik antar desa pekraman di Bali. Untuk itu Pastika menginginkan perlu adanya lembaga yang lebih tinggi yang bisa menjembatani permasalahan antar desa baik di tingkat kecamatan, kabupaten maupun tingkat provinsi. Dibentuknya Majelis Utama Desa Pekraman 10 tahun lalu yang dilanjutkan dengan terbentuknya majelis Madya dan Majelis Alit, dihaarapkan Pastika, konsep “Desa Mawecara” yang mengarah kepada potensi konflik akan hilang dan yang ada hanya “Bali Mawecara”.

 Dengan demikian maka tidak akan ada lagi permasalahan dan egoisme antar Desa Pekraman, karena kita semua adalah satu yaitu Bali, jelas Pastika.  “Bali hanya 0,29 persen dari luas Indonesia, maka akan sangat menyedihkan kalau sampai Bali terpecah-pecah” tambah Pastika. Pastika juga meminta, setelah Dharma Santi ini maka semua komponen masyarakat Bali hendaknya mulai memecahkan masalah dengan cara dialog, sehingga semua permasalahan bisa diselesaian dengan cara damai.

Pada kesempatan ini, Pastika juga menyampaikan terima kasih kepada seuruh masyarakat Bali karena telah mampu melaksanakan Dharma agama dengan melaksanakan Hari Raya Nyepi dengan sangat tertib dan khusyuk serta Dharma Negara  yaitu dengan suksesnya pelaksanaan Pemilu Legislatif tanggal 9 April 2014.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image