Kabardewata.com

Berita Utama

Low Season Okupansi Villa di Bali Mencapai 60 Persen

Kategori Berita Utama, October 06, 2014, Dilihat sebanyak 106 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Pariwisata Bali sepanjang September hingga November mengalami low season sehingga mempengaruhi tingkat hunian villa. Jika low season seperti sekarang ini kondisi okupansi villa rata-rata mencapai 60 persen hingga 70 persen seperti yang diungkapkan Penasehat Bali Villa Association (BVA), Ismoyo.

"Sekarang okupansi masih ditingkat 60 hingga 70 persen. Kalau high season okupansi villa di tempat saya 80 persen keatas," ungkapnya di Denpasar

Ismoyo menyatakan, tingkat hunian pada low season yang sekitar 60 persen tersebut masih bisa menutupi biaya operasional. "Kalau tingkat huniannya masih diatas 50 persen itu berarti kami masih dapat keuntungan setelah dipotong biaya operasional. Kalau diangka 37 persen kami tidak dapat keuntungan hanya cukup untuk biaya operasional saja, itu teorinya,”ujarnya.  

Jika dilihat pengalaman low season tahun sebelumnya tingkat okupansi villa rata-rata dibawah 50 persen. Namun dengan adanya event internasional di Bali yang berlangsung saat low season ini berkontribusi untuk menaikkan tingkat hunian kamar villa.

"Tahun ini saat low season kami bekerjasama menggelar event Bali Internasional Sport's Week yang mengundang olahragawan dari 11 cabang olahraga termasuk golf. Mereka pada datang ke Indonesia khususnya Bali. Jadi mereka kan perlu akomodasi, event-event seperti inilah yang berkontribusi menaikkan okupansi disaat low season,"jelasnya.

Selain itu, dia menjelaskan, bahwa BVA juga melakukan kerjasama dengan Bali Wedding Association dalam mensuply wisatawan yang melangsungkan pernikahan di villa.
"Tidak hanya yang wedding yang honeymoon juga banyak menginap di villa. Mereka lebih cenderung memilih villa karena dapat fasilitas private seperti kolam renang," jelasnya.

Wisatawan yang dominan memilih villa sebagai akomodasi selama berlibur di Bali yakni wisatawan Asia dan Australia sekitar bulan Juli dan Agustus sedangkan Desember didominasi wisatawan Eropa


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image