Kabardewata.com

Berita Utama

Kementerian Pertanian Tergetkan Produksi Kelapa Sawit 40 Juta Ton CPOdi Tahun 2020

Kategori Berita Utama, June 18, 2014, Dilihat sebanyak 219 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Kementerian Pertanian menargetkan hasil produksi kelapa sawit pada tahun 2020 sekitar 40 juta ton CPO, dengan jumlah lahan seluas sekitar 10 juta hektar. Sementara saat ini hasil produksi kelapa sawit sekitar 3,8 ton CPO per hektar, dan Kementrian Pertanian ini akan menargetkan sekitar 4 ton CPO per hektar pada tahun 2015 nanti.

Mukti Sarjono, Staf Ahli Menteri Bidang Inovasi Teknologi Kementerian Pertanian mengatakan, hasil produksi kelapa sawit pada tahun 2013 mencapai 25 juta ton, dan pada tahun 2014 ini kementrian pertanian menargetkan produksi kelapa sawit sekitar 27 juta ton CPO, saat ini luas  lahan perkebunan sekitar 9,3 juta.

“Meningkatnya hasil kelapa sawit ini banyak penyebabnya, apabila bibitnya bagus dan berkualitas secara otomatis akan hasil panennya akan banyak. sesuai dengan bibit yang ditanam, maka dari itu untuk mencapai target kami akan menggunakan bibit-bibit yang berkualitas,”jelasnya usai perss conference IOPC-2014, di Nusa Dua, Badung

Hasil produksi tergantung dengan bibit yang ditanam, dia mengatakan, sementara bibit yang ditaman oleh perkebunan rakyat tidak sama dengan bibit yang ditanam oleh perkebunan swasta dan pemerintah. Salah  tanam bibit maka akan mempengaruhi hasil produksi, dari luas lahan yang ada saat ini sekitar 44 persen adalah perkebunan rakyat dari luas lahan saat ini.

“Meningkatnya hasil produksi ini tergantung dengan bibit, lha bibit yang ditanam oleh perkebunan rakyat ini asal-asalan, tidak seperti perkebunan swasta dan negeri. Untuk itu kami akan mendorong masyarakat untuk memakai bibit yang unggulan. Saat ini masyarakat yang menjadi petani kelapa sawit sekitar 5 juta jiwa,”jelasnya.

Sambungnya, harga kelapa sawit saat ini sekitar Rp 14 ribu per kilogram, setiap tahun mengalami peningkatan. “Kalau nominalnya penjualan produksi pada tahun 2013 lalu mencapai USD17 miliar, untuk tahun 2014 ini secara otomatis akan meningkat, kalau 2014 ini berhasil berapa banyak uang yang dihasilkan,"ujarnya

 

Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image