Kabardewata.com

Berita Utama

Kasdam IX/Udayana Berikan Pembekalan Ancaman Global dan Terorisme Kepada Mahasiswa

Kategori Berita Utama, July 03, 2015, Dilihat sebanyak 161 kali, Post oleh Rusadi Nata


Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan memberikan pembekalan tentang Revitalisasi Nilai-Nilai Bela Negara Dalam Rangka Menghadapi Ancaman Global dan Terorisme kepada Mahasiswa KKN PPM Periode XI Universitas Udayana di Gedung Wisuda Widya Sabha, Kampus Unud Bukit Jimbaran.

Prof. Dr. dr. I ketut Suastika, sp. PD-KEMD Rektor Unud mengatakan, Salah satu upaya untuk menanamkan pemahaman tentang wawasan kebangsaan kepada mahasiswa adalah melalui penanaman tentang upaya berperilaku disiplin, hal ini dimaksudkan agar mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa tercipta rasa cinta tanah air di dalam dirinya, disiplin terhadap semua kegiatan akan membentuk pribadi-pribadi yang tangguh untuk menghadapi tantangan hidup kedepan.

Kasdam IX/Udayana menyampaikan bahwa Terkait dengan nilai-nilai Bela Negara diantaranya semangat patriotisme dan nasionalisme yang kini cenderung menurun karena terjadinya perubahan-perubahan pada seluruh sendi kehidupan secara global. Perubahan-perubahan dari seluruh sendi kehidupan berdampak adanya suatu ancaman dari suatu kelompok masyarakat tertentu/individu yang menganut paham radikalisme.

Paham radikal tersebut dapat mempengaruhi individu/kelompok masyarakat tertentu untuk membunuh atau menyebarkan teror/ketakutan bagi individu/kelompok masyarakat lainnya. Oleh karena itu diperlukan adanya revitalisasi nilai-nilai bela negara dalam rangka menghadapi ancaman global dan terorisme. Sebagai Warga Negara Indonesia maupun sebagai pribadi yang mencintai bangsa dan negaranya dimanapun Ia berada dan bertugas atau berprofesi di berbagai bidang apabila ditanya untuk apa semua yang Ia kerjakan?,

Sebagai Warga Negara Indonesia yang berjiwa patriot tentunya akan menjawab segala yang aku kerjakan demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kasdam IX/Udayana dalam pembekalannya juga menyampaikan tentang situasi dan ancaman global dimana Seiring dengan perkembangan zaman maka wajah dunia saat ini sudah sangat berubah. Ditinjau dari seluruh aspek, baik dari aspek geografi, demografi dan kondisi sosial yang meliputi ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan hankam.

Keseluruhan aspek tersebut membuat wajah dunia menjadi sangat berubah sehingga perlu diwaspadai adanya ancaman yang bersifat global, diantaranya ancaman terorisme, penyalahgunaan narkoba, perdagangan manusia/human trafficking maupun kejahatan kriminal lintas negara.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image