Kabardewata.com

Berita Utama

Kunjungan Kapal Pesiar Makin Padat, Pelindo III Sinergikan Pembenahan Pelabuhan Benoa

Kategori Berita Utama, October 10, 2016, Dilihat sebanyak 205 kali, Post oleh Admin Kabardewata


General Manager PT. Pelindo III Cabang Benoa, Capt. Ali Sodikin kepada wartawan di Pelabuhan Benoa, baru-baru ini menjelaskan, pembenahan sarana prasarana pendukung tidak hanya dilakukan secara internal, akan tetapi melibatkan pihak-pihak eksternal, salah satunya Kementrian Perhubungan. Pembenahan eksternal yang dilakukan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Benoa melalui perawatan alur, serta dengan Kantor Distrik Navigasi Benoa dalam bentuk pemetaan posisi lokasi kapal berlabuh. Setelah itu usai dilakukan, PT. Pelindo III akan mengajukan ke Kementrian Perhubungan untuk menetapkan alur pelabuhan benoa sekaligus lokasi berlabuh.

 "Untuk pengembangan wisata kapal pesiar yang akan berkunjung di Pelabuhan Benoa, kita libatkan pihak eksternal dengan Kementrian Perhubungan melalui KSOP. Yang pertama tetap perawatan alur. Lalu yang kedua dengan Kepala Navigasi adalah melakukan penetapan posisi kapal-kapal-kapal berlabuh," ucapnya. 

 Sedangkan untuk pembenahan internal akan dilakukan perawatan kolam, termasuk bekerjasama dengan Dinas Hidro-Oseanografi (Dihidros) TNI Angkatan Laut untuk proses batimetri alur dan kolam sampai penerbitan peta laut yang baru. Peta laut terbaru itu menurutnya sesuai dengan permintaan nakhkoda kapal pesiar untuk keperluan pelayaran, baik ketika proses embarkasi maupun debarkasi di Pelabuhan Benoa. 

 "Peta laut yang baru diperlukan, karena nakhoda kapal pesiar menginginkan ada update mengenai kedalaman alur dan kolam. Peta tersebut tidak hanya fisik kertas, akan tetapi juga dalam bentuk elektronik. Untuk peta elektronik ini targetnya akan diluncurkan awal November ini," kata Ali Sodikin. 

 Untuk terminal, Ali Sodikin mengaku, pihaknya akan memisahkan antara ruang kedatangan dan keberangkatan penumpang di Benoa Cruise Terminal (BCT), termasuk penambahan ruang luggage bagasi dengan kapasitas 2.000 penumpang.

 "Lokasi tetap sama dilokasi eksisting, cuma nanti ada pelebaran, jadi nanti untuk ruang kedatangan dan ruang keberangkatan akan dipisah. termasuk kita tambah ruang luggage bagasi untuk kapasitas dua ribuan penumpang. Itu target kita," jelasnya. 

 

 

Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image