Kabardewata.com

Berita Utama

Harga Daging Tetap Melonjak Selama Hari Raya Keagamaan

Kategori Berita Utama, July 22, 2015, Dilihat sebanyak 193 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Selama Hari Raya Keagamaan harga daging di pasaran terpantau melonjak selama hari raya Juli 2015 ini, yang bersamaan antara hari raya Galungan, Idul Fitri, serta Kuningan mendatang. Ayu, salah satu pedagang daging sapi di pasar Badung Denpasar mengatakan, harga daging sapi mengalami kenaikan sebelum Lebaran hingga hari raya Lebaran tiba.

"Untuk harga daging sapi kualitas super saja naik dari Rp90.000 per kilogram menjadi Rp100.000 per kilogram. Kenaikan ini memang terjadi menjelang hari raya khususnya H-2 Lebaran dan kami belum mengetahui kapan akan turun harga tersebut," terangnya, di Pasar Badung, Denpasar

Dia menambahkan, harga iga sapi pun mengalami peningkatan dari Rp60.000 per kilogram menjadi Rp70.000 per kilogram. Daging sapi termahal yang mengalami kenaikan harga adalah bagian yang dikenal dengan nama tenderloin dari Rp115.000 menjadi Rp125.000 per kilogramnya.

"Kalau harga daging memang selalu naik setiap tahunnya. Pembeli terbanyak pun datang dari masyarakat Jawa yang akan mudik serta beberapa warga Jawa yang tidak mudik. Hanya saja dibandingkan tahun lalu, penjualan hari raya tahun ini mengalami penurunan mencapai 10%," paparnya.

Sementara itu, Putu Iwan, salah satu pedagang daging babi di Pasar Badung Denpasar mengatakan, pada penampahan hari raya Galungan harga daging babi juga meningkat hingga 10%.

"Saat ini iga babi yang paling laris. Bahkan harganya melambung dari Rp70.000 per kilogram menjadi Rp80.000 per kilogram," ujarnya.

Iga babi super ini kebanyakan dibeli oleh masyarakat Bali untuk dibuat iga bakar, sup iga, dan iga panggang. Meskipun tidak setinggi harga iga babi, harga bagian daging babi lainnya juga meningkat sejak 14 Juli 2015 lalu.

"Untuk harga daging babi saja naik dari Rp60.000 menjadi Rp70.000 per kilogram. Sedangkan harga sam-sam babi naik dari Rp55.000 menjadi Rp60.000 per kilogram," imbuhnya.


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image