Kabardewata.com

Berita Utama

Gaet Lebih Banyak Event MICE, Banyak Hal Harus Dibenahi

Kategori Berita Utama, November 10, 2016, Dilihat sebanyak 121 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Pengamat sekaligus Praktisi Kepariwisataan Bali, I Wayan Puspanegara di Kuta, baru-bar ini mengatakan, banyak hal harus dibenahi agar Indonesia mampu menggaet lebih banyak event MICE. Lima hal prinsip yang menurutnya perlu diperhatikan, meliputi fasilitas, pelayanan, infrastruktur, keamanan dan promosi.

"Kita harus kerja keras. Pertama menyangkut fasilitas, pelayanan, infrastruktur, keamanan dan yang terpenting adalah promosi. Maka dari itu, seluruh komponen ini harus dikolaborasikan sedemikian rupa, lalu pemerintah mengajak stakeholder, untuk membuat Standart Operation Procedur, agar penyelenggaraan MICE di Indonesia nyaman, aman dan sukses, kan itu intinya," kata Puspanegara.

Sementara Praktisi kepariwisatan asal Bali, Ida Bagus Lolec Surakusuma beranggapan, satu kelemahan Indonesia yang wajib mendapatkan atensi adalah soal promosi. Promosi pariwisata dinilai menjadi kambing hitam dari rendahnya minat masyarakat dunia melakukan MICE di Indonesia.

"Kaitannya lebih pada sistem promosi atau pemasaran yang tepat. Menurut saya, upaya promosi MICE kita selama ini belum maksimum," ungkapnya. 

Gus Lolec mengatakan, MICE tidak dapat dianggap remeh dalam geliat kepariwisataan disebuah destinasi. Menurutnya dalam satu waktu, MICE dapat menggerakkan empat pendukung kepariwisataan secara sekaligus, yaitu pertemuan, insentif, konferensi dan pameran. Jika tergarap optimal, MICE akan berkontribusi terhadap penggunaan fasilitas wisata, keterserapan Sumber Daya Manusia (SDM), pencitraan terhadap kuliner nusantara dan mengatrol pamor pariwisata Indonesia dimata dunia


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image