Sudah Merasa Gaji Bulanan Tidak Lagi Memadai, Ayo Mulai Bisnis

Sudah Merasa Gaji Bulanan Tidak Lagi Memadai, Ayo Mulai Bisnis

Sedang cari peluang usaha kekinian biar enggak bergantung pada gaji bulanan? Coba saja merintis peluang usaha kekinian yang cocok tahun 2018.

Hari-hari ini di tengah tren kenaikan harga kebutuhan barang-barang, mengandalkan gaji bulanan semata rasa-rasanya semakin tidak memadai. Tidak heran bila banyak orang yang akhirnya mencoba merintis bisnis sampingan untuk menjadi periuk nasi kedua mereka. Apakah kamu juga merasakan hal yang sama?

Sebetulnya, kamu cukup beruntung saat ini tengah hidup di tengah era kemajuan teknologi internet yang memberi banyak kemudahan, termasuk dalam mencari peluang usaha kekinian yang prospektif. Kamu bisa meriset dan mencari tahu lebih banyak peluang-peluang usaha yang sekiranya menjanjikan. Jadi, sebelum langsung terjun, kamu bisa memperkirakan terlebih dulu bagaimana pasarnya, berapa kebutuhan modal, dan lain-lain.

Bahkan, ketika kamu hendak belanja kebutuhan investasi atau modal untuk mendukung usaha, kamu tinggal buka internet untuk mencari toko mana yang menyediakan kebutuhan tersebut. Segala kemudahan itu akan percuma bila kamu tidak memanfaatkannya dengan optimal.
Maka itu, bila kamu sudah merasa gaji bulanan tidak lagi memadai, tunggu apa lagi? Mulailah mencari peluang usaha yang dapat kamu jalankan demi menambah pundi-pundi penghasilan.

Beberapa jenis bisnis yang berikut ini diharapkan dapat menjadi sumber referensi khususnya bagi yang masih pemula dan ingin mengawali kariernya dalam bidang usaha kecil namun cukup potensial bisa mendatangkan penghasilan besar.

6 Pilihan peluang usaha kekinian yang bisa kamu jalankan

Inilah beberapa peluang usaha yang bisa kamu coba jalankan supaya penghasilan enggak cuma bergantung pada gaji bulanan saja:

1. Bisnis online

Sudah banyak nih yang berbisnis online, bahkan selebriti tanah air seakan tak mau kalah dan ikutan berbisnis online. Kamu nggak tertarik dengan peluang usaha yang satu ini?
Manfaatkan internet untuk menjangkau pasar dan mendapatkan penghasilan dengan maksimal. Jenis bisnis yang satu ini bisa dimulai dengan modal kecil, yang terpenting adalah harus memiliki fasilitas online serta akses internet.

Bisnis online bisa berbagai macam, lho. Mulai dari berjualan dengan memanfaatkan situs marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya, kamu juga bisa membuka usaha sendiri secara online dengan memanfaatkan media sosial sebagai etalase.

2. Bisnis waralaba

Ingin memulai usaha namun terkendala dengan kurangnya ide, terlalu repot membangun sistem, belum ada pengalaman pemasaran? Kamu bisa menimbang untuk mencoba bisnis waralaba.
Dengan membeli hak waralaba, kamu cukup mengeluarkan modal untuk biaya lisensi waralaba dan sewa tempat usaha. Sedang untuk strategi marketing, bangunan sistem bisnis, biasanya sudah disediakan oleh pewaralaba.

Banyak, kok, pilihan untuk bisnis waralaba yang menarik. Mulai dari waralaba kuliner, waralaba barbershop atau tukang cukur rambut, sampai waralaba salon kecantikan. Tinggal kamu sesuaikan saja dengan passion, modal juga pasar yang paling menjanjikan. O, ya, di pasar banyak tersedia penawaran kerjasama waralaba dengan modal terjangkau, bahkan mulai harga di bawah Rp10 juta juga ada.
 
3. Handmade

Kamu punya keahlian merajut? Atau sering bikin kerajinan tangan seperti tas lukis, menjahit, membikin buku edukatif anak? Mengapa tidak kamu manfaatkan saja sebagai bisnis sampingan. Banyak cerita kesuksesan sebuah usaha yang berawal dari hobi.

Bisnis kreatif seperti ini memiliki peluang untuk bertahan karena produk yang dihasilkan tergolong unik, eksklusif. Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai kanal pemasaran. Asal tahu saja, bila produk yang kamu bikin tergolong menarik, orang enggak akan segan untuk membayar mahal, lho.

4. Buka warkop atau kafe

Hampir setiap orang suka minum kopi. Apalagi di Indonesia di mana sudah dikenal di dunia sebagai salah satu produsen kopi berkualitas. Mulai presiden sampai mahasiswa, semua menyukai kopi. Kamu bisa menjajaki peluang usaha membuka warung kopi mulai yang sederhana atau sekalian membuka coffee shop alias kafe bila memang modalnya mencukupi.

Konsep warung kopi bisa kamu eksplorasi sesuai target pasar yang kamu tuju. Apakah warung kopi sederhana dengan konsep lesehan ala angkringan di kota Jogja, atau ingin yang sedikit kekinian seperti warung kopi mi instan yang kini tengah hype itu. Tentu saja setiap jenis model warung kopi membutuhkan modal yang berbeda-beda.

Di peluang usaha ini, kamu harus memiliki konsep yang kuat sehingga bisa bersaing dengan usaha-usaha warung kopi yang sudah ada. Siapa tahu, warkop milikmu akan diserbu oleh tetangga dan kenalan sebelum mereka pergi bekerja. Ada banyak kebutuhan yang harus dibeli namun harganya tidak mahal. Spanduk yang bertuliskan nama warkop milikmu, alat-alat dapur serta kompor untuk menghangatkan makanan.

5. Bisnis kue pesanan

Bisnis cake homemade by order juga bisa kamu pertimbangkan. Wah, kalau enggak bisa memasak, bagaimana? Jangan khawatir. Kamu bisa mengajak teman atau saudara atau bahkan ibu kamu yang jago baking alias memasak kue untuk bergabung.

Bikin kerjasama saja dengan rekan pembuat kue, sedang kamu bertindak sebagai pemodal dan pemasar. Kue-kue pesanan banyak, kok, yang mencari. Apalagi bila kamu bisa menampilkan ciri khas serta membanderol harga yang oke punya. Manfaatkan kanal media sosial seperti Instagram dan Facebook sebagai etalase dan pemasaran yang efektif.

Target pasar bisa teman kerja di kantor, tetangga yang mungkin akan menggelar hajatan apakah selametan atau ulangtahun anak. Jangan khawatir tentang prospek. Bisnis seputar perut itu tidak kenal kata krisis, lho.

6. Menjadi influencer

Kamu tahu istilah selebgram? Para pengguna Instagram yang memiliki follower ribuan bahkan ratusan ribu. Para selebgram inilah yang dinamakan endorser. Bukan melulu harus artis, tapi para pemilik akun Instagram yang follower-nya cukup banyak.

Setiap hari, para influencer ini mendapatkan kiriman produk dari para penjual, untuk diiklankan di Instagram mereka. Untuk pemula, kamu tidak perlu meminta bayaran namun untuk yang sudah berskala besar, sekali posting tarifnya bisa mencapai Rp200.000 hingga Rp800.000.

Tips sukses menjalankan peluang usaha pilihan

Merintis bisnis bukan hal mudah. Tapi tanpa pernah mencoba, kamu tidak akan tahu bukan seperti apa? Jadi, beranikan diri untuk memulai hal baru itu dengan persiapan yang memadai. Ingat, tidak ada hasil yang akan mengkhianati kerja keras.
Supaya bisnis kecil kamu berpeluang sukses, kamu perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Fokus

Tips pertama untuk sukses menjalankan peluang usaha pilihan adalah fokus. Dengan fokus, kamu bisa memaksimalkan semua daya dan energi kamu untuk kesuksesan bisnis tersebut.
Seiring dengan semakin berkembangnya dunia maya, saat ini seakan-akan semua hal dapat menjadi peluang bisnis. Dengan begitu banyaknya peluang yang dapat diambil, mungkin kamu akan bingung dalam memilih satu peluang yang akan dikembangkan. Sehingga banyak orang yang malah mencoba untuk mengembangkan banyak peluang dalam waktu yang bersamaan. Namun apa itu benar? Tidak ada yang benar atau salah, karena semua itu tergantung pada kemampuan setiap orang, namun akan lebih baik jika kamu fokus pada satu peluang saja.

2. Lakukan hal yang kamu sukai

Dalam melakukan hal apapun, jika kita menyukai apa yang kita lakukan, maka kita akan melakukannya dengan sepenuh hati. Bukan karena paksaan sehingga bisa lebih maksimal. Segala pekerjaan jika digeluti dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang maksimal, karena itulah banyak pekerjaan-pekerjaan yang tidak umum pada saat ini.

Namun, bagi kamu yang bercita-cita menjadi pengusaha, jangan memulai bisnis hanya karena melihat untung yang besar dari peluang usaha tersebut, terlihat keren, atau karena disuruh. Biasanya, hal yang baik untuk dilakukan ketika memulai bisnis adalah, berdasarkan hobi. Jika hobi kamu adalah fotografi, kamu bisa mulai menjual perlengkapan kamera. Dengan begitu, hobi kamu terpuaskan dan mimpi membuka usaha pun tercapai.

3. Kuasai bisnis kamu

Di awal kamu merintis usaha, umumnya jarang ada investor yang berani menaruh uangnya disana. Namun kesempatan itu bisa datang kapanpun, jadi kamu harus kuasai betul segalanya tentang bisnis yang kamu geluti dan selalu siap menjelaskan dengan sejelas-jelasnya.
Hal ini dimaksudkan agar kamu dapat membuat investor yakin bahwa ia menaruh uangnya di tangan yang tepat, yaitu kepada kamu, orang yang paling paham tentang peluang usaha atau bisnis ini.

4. Tunjukan konsep bisnis kamu yang terbaik

Yakinlah bahwa tidak ada investor yang mau berinvestasi dalam bisnis kamu, karena mereka belum tahu standar dari konsep bisnis kamu. Oleh karena itu, tunjukkan bahwa konsep bisnis ini akan sangat menguntungkan bagi para investor. Jalankan konsep bisnismu dengan modal seadanya untuk memberi bukti nyata kepada investor. Ketika kamu sudah menunjukkan bahwa konsep kamu yang terbaik, lalu percayalah bahwa para investor yang akan mencari kamu.
Sudah mantap dengan pilihan peluang usaha kamu? Jangan lupa untuk tetap update informasi dari HaloMoney.co.id untuk dapatkan informasi terkini mengenai bisnis dan produk keuangan. HaloMoney juga akan membantumu dalam membandingkan kartu kredit dan produk finansial lainnya lho.

Bila kamu butuh tambahan modal usaha, kamu bisa menimbang pinjaman tanpa agunan berbunga murah. Ajukan langsung melalui HaloMoney.co.id untuk proses apply online yang mudah dan praktis.
 


Ditayangkan sebelumnya dari situs economy.okezone.com
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait