Simak 7 Startup Inovatif Yang Bikin Kamu Tambah Pintar

Simak 7 Startup Inovatif Yang Bikin Kamu Tambah Pintar

Beragam problematika yang dihadapi oleh negara-negara berkembang di dunia, selalu beririsan dengan persoalan rendahnya kualitas pendidikan yang menjangkit masyarakatnya. Masing-masing negara memiliki cara tersendiri untuk mengembangkan proses dan kualitas pendidikannya. Gerakan-gerakan sosial maupun profesional pun juga semakin tumbuh marak sebagai wujud kesadaran untuk membangun peradaban yang lebih baik di masa depan.

Hingga akhirnya, banyak juga startup yang lahir untuk membantu pemerintah dengan menawarkan berbagai inovasi yang tepat guna. Hal ini ternyata juga terjadi di Indonesia yang kita ketahui memiliki problematika yang cukup kompleks dengan sistem dan kualitas pendidikannya. Berikut ini, 7 startup yang dinilai dengan inovasinya berhasil menciptakan perubahan nyata dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

1. RuangGuru

RuangGuru mengajak kita untuk melupakan cara belajar yang ribet dan membosankan. Memanfaatkan teknologi internet, RuangGuru menciptakan sebuah platform yang mempertemukan pelajar dengan guru private yang berkualitas dengan cara yang sangat mudah dan sesuai kebutuhan. Kebebasan memilih guru, jam belajar hingga mata pelajaran, menjadikan RuangGuru sebagai salah satu startup yang cukup populer di kalangan pelajar.

Startup yang kini dipimpin oleh Adamas Belva Syah Devara ini juga menyediakan berbagai alat untuk melatih diri dan memantau hasil latihan untuk mengetahui progres dalam setiap latihan. Baru-baru ini, RuangGuru menggaet salah satu artis muda yang sedang naik daun. Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan, pemeran film sensasional yang berjudul Dilan ini diberitakan juga turut menjadi pengajar di platform RuangGuru. Melalui RuangGuru, Adamas Belva Syah Devar berhasil masuk dalam daftar 30 under 30 Majalah Forbes Asia 2017.

2. 7Pagi

Proses pendidikan yang komprehensif, melibatkan 4 pilar utama yang meliputi siswa, sekolah, guru dan orangtua. Hal ini nampaknya sangat dipahami oleh startup yang bernama 7Pagi. Memanfaatkan kemajuan teknologi terkini, 7Pagi menyajikan sebuah media digital yang mudah dan efektif untuk menjalin komunikasi antara guru dan orangtua. Dengan platform tersebut, orang tua dapat memantau dan mengetahui perkembangan anak mereka di sekolah hanya melalui smartphone di tangan mereka.

Startup yang didirikan Yayan Ardhianto ini memiliki beberapa fitur unggulan yang di antaranya adalah Diary, Portfolio, Information, dan Class Activities. Diary berguna sebagai buku penghubung, fitur Portfolio untuk informasi mengenai portofolio siswa selama di sekolah, sedang Information dirancang untuk menggantikan surat edaran, dan fitur Class Activities bermafaat untuk menyampaikan beragam informasi kegiatan di kelas. Dengan penggunaan smartphone yang kini semakin akrab di kalangan guru dan orangtua, startup 7Pagi mencoba menawarkan sistem komunikasi yang memantau perkembangan siswa secara lebih mudah, update dan modern.

3. GMB Indonesia

Berbeda dengan ke-enam startup lainnya, GMB-Indonesia menciptakan inovasi yang menyasar seluruh elemen pendidikan di Indonesia. Startup yang lebih dikenal dengan nama Gerakan Menulis Buku Indonesia ini mewadahi seluruh insan pendidikan, mulai dari guru, dosen, mahasiswa, organisasi/komunitas, hingga para pelajar dari seluruh jenjang pendidikan untuk menulis dan menerbitkan bukunya secara gratis. GMB-Indonesia, sebuah startup berbasis sosial yang didirikan oleh Lenang Manggala ini merevolusi sistem penerbitan buku yang sebelumnya terkenal rumit, lama, dan hanya bisa dimanfaatkan oleh kalangan penulis profesional semata.

Bekerjasama dengan Gerakan Literasi Nasional Kemdikbud RI, GMB-Indonesia menciptakan platform penerbitan buku gratis yang mudah, cepat, menguntungkan sekaligus menyenangkan. Baru-baru ini, GMB-Indonesia menyelenggarakan program Adi Acarya Award untuk guru dan dosen, serta Gerakan Sekolah Menulis Buku untuk pelajar di seluruh penjuru Indonesia. Berkat inovasi dan dedikasinya di dunia pendidikan, GMB-Indonesia berhasil masuk dalam daftar Top 20 ASEAN Young Socialpreneurs. 

4. IndonesiaX

IndonesiaX adalah platform online pendidikan yang menawarkan kursus-kursus online (Massive Open Online Courses) dari universitas, institusi dan praktisi di berbagai bidang untuk mencerdaskan bangsa. Keterlibatan secara aktif Profesor Rhenald Kasali dalam mengembangkan layanan ini, tentu saja memberikan garansi atas manfaat yang bisa diberikan oleh IndonesiaX. Melalui platform ini, kita bisa belajar tentang banyak hal secara gratis dari para pemateri terbaik di Indonesia.

Secara online, siapapun berkesempatan untuk menimba ilmu langsung pada tokoh-tokoh besar seperti Wishnutama Kusubandio, Profesor Rhenald Kasali, Professor Iwan J Azis, Ir. Budi Rahardjo, MSc., PhD., Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. dan masih banyak lagi lainnya. IndonesiaX juga memiliki tema kursus yang beragam dan sangat sesuai dengan kebutuhan anak muda terkini. Di antaranya adalah, Change Management, Public Speaking, Digital Marketing, The Art of Startup, Sustainable Develpoment, serta masih banyak lagi tema lainnya yang siap menjawab kebutuhan kita.

5. TokoEdukasi

TokoEdukasi hadir menjadi jawaban atas kebutuhan sekolah dan pelajar dalam mencari produk dan peralatan yang menunjang proses pendidikan. TokoEdukasi bergerak di bidang e-commerce. Untuk memenuhi kebutuhan konsumennya, saat ini, TokoEdukasi menyediakan ribuan produk yang berakitan dengan pendidikan.

Produk-produk yang disediakan meliputi software, perangkat elektronik, alat peraga, furnitur, mainan, perlengkapan sekolah, buku, pakaian, dan ekstrakurikuler. Harga yang ditawarkan pun juga beragam. Mulai dari ribuan untuk peralatan ekstrakurikuler pramuka, hingga puluhan juta rupiah untuk produk seperti interactive whiteboard.

6. e-Tryout

Jika Kamu sedang mempersiapkan diri untuk menempuh ujian masuk perguruan tinggi, e-Tryout adalah jawabannya. E-Tryout merupakan startup yang menyediakan platform ujicoba ujian yang menjadi semacam bank soal bagi penggunanya. Melalui aplikasi ini, kita bisa melakukan tryout dan mendapatkan hasilnya secara live. Dengan mendafat di aplikasi e-Tryout, kita bisa mengerjakan soal-soal ujicoba ujian mulai dari SD, SMP, SMA, soal UN, SBMPTN, hingga tes CPNS, dan bahkan soal-soal umum. Setelah mengerjakan soal, kita akan mendapatkan hasil dari jawaban serta nilai dan waktu pengerjaan yang kita butuhkan.

Selain itu, kita juga bisa belajar dengan melihat kembali soal mana yang kita jawab dengan salah dan jawaban mana yang benar. Melaui platform ini, e-Tryout menawarkan solusi atas masalah yang berkaitan dengan biaya, waktu dan jarak yang harus dikorbankan para pelajar atau mahasiswa yang ingin mengikuti tryout konvensional. Dari segi harga, e-Tryout menawarkan layanannya dengan harga yang terbilang sangat murah, yakni misalnya Rp1.100 untuk 200 soal, Rp5.500 untuk 1.500 soal, dan seterusnya. Mulai sekarang, kita bisa melakukan tryout dengan biaya yang lebih murah, dan bisa kita lakukan dimanapun dan kapanpun.

7. HarukaEdu

HarukaEdu, sebuah startup e-learning inovatif yang memungkinkan kita mengikuti untuk berbagai macam pendidikan formal maupun informal secara online. Dalam rangka menyajikan keterjangkauan pendidikan yang lebih mudah, HarukaEdu menawarkan 3 program unggulan yang meliputi kursus online, kuliah online dan sertifikasi online. Khususnya untuk kuliah online di HarukaEdu, dalam pelaksanaannya, perkuliahan metode online ini menerapkan berbagai macam teknologi dan metode pengajaran baru untuk memastikan pengalaman dan kualitas hasil pembelajaran yang menyamai atau bahkan melebihi, kuliah konvensional (tatap muka).

Teknologi atau metode pengajaran baru tersebut adalah sebagai berikut: cloud computing, learning analytics, game-based learning, personalized learning environments, open content dan mobile learning. Terkait Kuliah online, HarukaEdu menjalin kerja sama dengan universitas terakreditasi A dan B yang mengubah program offline degree mereka menjadi online degree. Setelah lulus ujian sertifikasi, maka pengguna akan mendapat sertifikat online.

Itulah 7 startup yang dengan inovasinya bertekad untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Mulai dari bimbingan belajar online, kursus online, e-commerce peralatan sekolah, hingga penerbitan buku gratis. Sekarang tidak ada lagi alasan bagi kamu untuk malas belajar dan mengembangkan kompetensimu. Kamu ingin segera memanfaatkan layanan yang mana untuk menunjang pendidikanmu? Atau menyebarkan ke orang yang membutuhkannya?


Ditayangkan sebelumnya dari situs idntimes.com
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait