Rahasia untuk mendapatkan pelanggan tetap

Rahasia untuk mendapatkan pelanggan tetap

Untuk mengembangkan bisnis, kita seringkali tergoda untuk konsentrasi dalam menciptakan penjualan baru atau mengejar akun yang besar. Tetapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan pelanggan Anda saat ini, tidak peduli sekecil apapun mereka, sangat penting untuk menjaga kelangsungan bisnis Anda. Rahasia untuk mendapatkan pelanggan tetap adalah follow up dengan cara yang dapat menimbulkan efek positif pada pelanggan.

Follow up yang efektif dimulai setelah terjadi penjualan, ketika Anda mengucapkan “Terima kasih” kepada pelanggan Anda dan mengetahui apakah mereka menyukai produk atau jasa Anda. Selain hal ini, masih ada beberapa cara lain yang efektif untuk melakukan follow up dan memastikan bisnis Anda selalu berada dalam pikiran pelanggan.

Biarkan pelanggan tahu apa yang Anda lakukan untuk mereka

Hal ini bisa dilakukan dengan mengirimkan newsletter melalui email untuk pelanggan Anda saat ini, atau sesuatu yang tidak terlalu formal seperti menghubungi pelanggan Anda melalui telepon. Apapun metode yang Anda gunakan, kuncinya adalah untuk memberitahukan kepada pelanggan apa layanan terbaik yang dapat Anda berikan kepada mereka. Jika Anda tidak pernah mengatakan apapun tentang apa yang Anda lakukan kepada mereka, pelanggan Anda mungkin tidak akan menyadarinya. Anda tidak akan terlihat angkuh ketika Anda berbicara kepada pelanggan Anda mengenai apa yang sudah Anda lakukan untuk membuat mereka senang. Biarkan mereka tahu bahwa mereka tidak perlu khawatir karena Anda yang akan menangani segala urusan yang berhubungan dengan dokumen, menghubungi pengacara, atau memeriksa kembali pengiriman barang Anda.

Rutin mengirimkan pesan secara pribadi pada pelanggan Anda

“Saya sedang duduk di meja kerja saya dan tiba – tiba nama Anda muncul dalam pikiran saya. Apakah Anda masih mengalami pengalaman menyenangkan ketika terbang ke beberapa negara? Beritahukan saya jika Anda membutuhkan beberapa koper baru. Saya dapat mengirimkan model terbaru setiap saat.” Atau jika Anda bertemu dengan pelanggan lama pada suatu acara, follow up dengan sebuah catatan: “Sangat senang bertemu dengan Anda dalam acara Natal. Saya akan menghubungi Anda pada awal tahun baru nanti untuk makan siang bersama.”

Jaga agar tetap terkesan pribadi

Pesan suara dan email membuat komunikasi menjadi lebih mudah, namun sentuhan pribadi menjadi hilang. Jangan bergantung pada hal tersebut sebagai alat untuk follow up satu – satunya. Jika Anda mengalami kesulitan untuk menghubungi pelanggan Anda, tinggalkan pesan suara bahwa Anda ingin berbicara secara langsung atau mengunjungi kantor mereka sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Mengingat hari spesial

Kirimkan secara rutin kartu ulang tahun, kartu anniversary, kartu liburan, apa saja. Hadiah merupakan salah satu alat follow up yang paling baik. Anda tidak harus mengeluarkan uang untuk itu. Gunakan kreatifitas Anda untuk menciptakan sebuah hadiah yang menarik yang berhubungan dengan bisnis Anda, bisnis pelanggan Anda atau pembelian yang dilakukan mereka baru – baru ini.

Berikan informasi

Jika Anda membaca sebuah artikel menarik, melihat buku baru atau mendengar sebuah organisasi yang mungkin dapat membuat pelanggan Anda tertarik, maka informasikan kepada mereka atau telepon mereka, agar mereka mengetahuinya.

Layanan Pelanggan

Begitu banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan sebuah layanan pelanggan yang baik. Dan jika Anda menjalankan sebuah bisnis sendirian, sangat mudah untuk menjadi yang terbaik mengenai apa yang diinginkan pelanggan Anda. Namun ketika Anda mulai merekrut karyawan, entah apakah itu satu atau 100 orang, Anda dapat menciptakan potensi layanan pelanggan yang buruk.

Oleh karena itu sangat penting untuk menciptakan kebijakan dalam layanan pelanggan dan terus memegang teguh hal tersebut. Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa pelanggan Anda menerima layanan yang terbaik dalam setiap hal.

  • Buat sebuah kebijakan layanan pelanggan dalam sebuah tulisan. Prinsip ini harus berasal dari diri Anda dan setiap karyawan harus tahu apa peranan mereka dan siap untuk melakukannya.
  • Ciptakan sistem support yang dapat memberikan sebuah instruksi jelas bagi karyawan untuk terus memberikan dan menjaga layanan tetap yang terbaik. Sistem ini akan membantu Anda untuk mengalahkan kompetitor dengan memberikan hal yang lebih baik kepada pelanggan dan mengantisipasi masalah sebelum hal itu muncul.
  • Mengembangkan sebuah pengukuran dalam layanan pelangan. Kemudian berikan penghargaan kepada pelanggan yang terus mempraktikannya secara konsisten.
  • Pastikan bahwa gairah Anda dalam layanan pelanggan tersalurkan pada perusahaan Anda. Karyawan Anda harus dapat melihat bagaimana sebuah layanan yang baik memiliki sebuah hubungan terhadap keuntungan perusahaan dan masa depan mereka dalam perusahaan.
  • Berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik dalam industri Anda. Komitmen ini harus terlihat begitu besar sehingga karyawan Anda dapat merasakannya.
  • Bagikan informasi kepada garis depan perusahaan Anda. Lakukan meeting secara rutin untuk membicarakan bagaimana cara meningkatkan layanan pelanggan Anda. Kumpulkan ide dari karyawan Anda, karena merekalah yang berhadapan langsung dengan pelanggan.

Layanan pelanggan terbaik lebih dari apa yang Anda ucapkan atau lakukan untuk pelanggan, hal ini juga berarti memberikan pelanggan sebuah kesempatan agar perasaan mereka diketahui. Berikut ini merupakan cara untuk mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan Anda.

  1. Hadiri acara industri yang penting bagi pelanggan Anda. Dengan melakukan hal ini Anda akan mengetahui apa yang dilakukan oleh kompetitor dan produk atau layanan apa yang dicari oleh pelanggan Anda.
  2. Jaga hubungan antar sesama seperti sebuah hubungan bisnis antara pelanggan dan prospek. Ajak mereka makan siang, makan malam, atau pada sebuah permainan. Pada atmosfir yang rileks, Anda akan belajar sebuah rahasia yang akan membuat Anda menjadi lebih baik dibandingkan kompetitor Anda.
  3. Selalu mengikuti trend, kemudian berikan respon terhadap hal tersebut. Baca publikasi mengenai sebuah industri, aktiflah pada sebuah organisasi perdagangan, dan berikan perhatian pada apa yang dilakukan pelanggan Anda.
  4. Minta umpan balik. Lakukan survei pada pelanggan Anda secara rutin untuk mengetahui apakah yang Anda lakukan selama ini sudah tepat atau belum. Kirimkan questionair melalui post atau surat, telepon mereka, dan membuat sebuah grup fokus. Minta pendapat mereka, dan perbaiki area permasalahan yang muncul.

Ditayangkan sebelumnya dari situs kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait