Rahasia sukses seorang entrepreneur

Rahasia sukses seorang entrepreneur
Orang – orang yang sukses sering mengatakan bahwa keberuntungan dan kerja keras yang membuat mereka dapat berada di tempat saat ini. Tetapi sebenarnya, banyak hal yang terjadi. Orang – orang yang sukses dibidangnya memiliki banyak kesamaan. Mempelajari apa yang dapat membuat mereka berbeda dapat membantu Anda menemukan rahasia kesuksesan untuk bisnis Anda.
 
Jeff Brown, seorang psikologi dari fakultas medikal Harvard dan seorang co-author dari buku The Winner’s brain (DaCapo, 2012), mempelajari orang – orang yang sangat sukses, melihat aktivitas otak mereka dan cerita kehidupan mereka untuk mencari tahu apa yang membuat mereka unik.
 
Teryata, mereka memiliki pemikiran yang berbeda dengan orang yang sukses biasa atau orang yang tidak berhasil. “Orang yang sukses cenderung memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan otak mereka,” kata Brown.
 
Dia menemukan strategi, yang dia sebut “brain power tool,” yang digunakan oleh orang – orang sukses untuk meraih tujuan mereka.Setiap alat ini merupakan cara untuk berpikir yang akan mempengaruhi pilihan dan tindakan ketika Anda bekerja untuk meraih tujuan Anda. Jika Anda menggabungkannya, maka hal ini akan membantu Anda untuk menemukan kesempatan, membangun keahlian, bekerja untuk mengatasi kegagalan dan melewati status quo.
 
Berikut ini merupakan lima kunci sukses yang berhasil ditemukan oleh Brown:
 
Ciptakan jalan Anda sendiri
 
Jika Anda melihat orang yang sangat sukses, Anda akan melihat jalan mereka penuh dengan tantangan. “Orang – orang yang sukses mengambil jalan yang berliku – liku,” kata Brown. “Mereka memiliki bakat yang nyata untuk mengenali peluang yang tidak umum”.
 
Daripada menunggu antrian sukses yang panjang, temukan jalan yang belum pernah dijalani oleh orang lain. Ambillah projek yang akan menambahkan skill unik pada perkakas Anda, temukan cara untuk bertemu dengan orang – orang yang Anda hormati, atau lakukan pitching untuk mendapatkan kesempatan yang langka. Jangan pernah takut untuk kreatif.
 
Tahu apa yang Anda lakukan
 
Orang – orang yang sukses membawa perlengkapan skill dan kemampuan mereka secara rutin, dan mereka menggunakan hal tersebut untuk improvisasi. “Jika mereka memiliki kerugian, mereka ingin mengetahuinya,” kata Brown.
 
Tanyakan mentor untuk menilai kelebihan dan kelemahan Anda, dan ukur skill Anda secara objektif. Gunakan informasi tersebut untuk mengidentifikasi apa yang harus dipelajari atau dilakukan sehingga Anda dapat meningkatkan kelebihan Anda dan menutupi kekurangan skill Anda. Dan jangan pernah malu untuk di kritik atau gengsi, kata Brown. “Itu adalah salah satu hal yang akan membunuh kesuksesan Anda.”
 
Fokus pada satu tujuan
 
Kemampuan untuk memilih sebuah tujuan dan bekerja untuk mencapainya tanpa merasa terganggu merupakan sebuah ciri khas yang ada pada orang – orang yang sagat sukses. “Mereka memiliki fokus yang sangat luar biasa, yang akan meningkatkan kemmapuan mereka untuk berpikir dan mengeksekusi,” kata Brown.
 
Buat daftar prioritas dan gunakan hal tersebut untuk memilih kesempatan mana yang harus dikejar. “Jangan tertipu dengan ilusi kehilangan kesempatan dimana Anda berpikir Anda harus melakukan segala hal yang datang kepada Anda,” kata Brown. “Kunci tujuan Anda dan jangan biarkan terganggu.”
 
Bekerja di luar zona kenyamanan Anda
 
Resiko merupakan hal yang dibutuhkan jika Anda ingin unggul, dan orang – orang yang sukses mendekati resiko dengan insting yang jelas mengenai apa yang dapat mereka tangani. “Mereka mengambil resiko yang agak besar,” kata Brown. “Mereka berada diluar zona nyaman mereka tetapi mereka tidak gila.”
 
Test batas kemampuan Anda dengan mencari resiko yang membuat Anda sedikit tidak nyaman, namun masih membuat Anda tertarik dan penasaran. “Anda memiliki resiko yang optimal, sehingga Anda harus belajar untuk mengukurnya dan memahaminya,” kata Brown. Semakin banyak eksperimen yang Anda lakukan dengan resiko, kecil ataupun besar, maka akan semakin mudah hal tersebut untuk menemukan tempat yang menyenangkan bagi Anda di masa yang akan datang.
 
Tempatkan energi Anda dalam kesibukan sehari – hari
 
Orang – orang yang sukses bekerja tanpa lelah untuk mencapai tujuan mereka. Mereka didorong oleh energi internal yang membuat mereka terus maju, bahan ketika mereka menghadapi kemunduran atau kesuksesan yang terasa jauh. “Mereka terus menjalankan semua proses dan terus berinvestasi,” kata Brown.
 
Daripada selalu melihat ke depan pada akhir tujuan, tenggelamkan diri Anda dalam praktik setiap harinya untuk membangun tujuan Anda. Belajar cara untuk menikmati dan menghadapi proses tersebut akan membantu Anda meningkatkan stamina Anda. “Anda harus menikmati proses pengejaran untuk mencapai kesuksesan,” kata Brown. “Proses pengejaran akan berlangsung lebih lama darpada penangkapan.”
 
Sumber : kerjayuk.com
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait