Pelajaran & Inspirasi Yang Bisa Kita Dapatkan Dari Bob Sadino (alm)

Pelajaran & Inspirasi Yang Bisa Kita Dapatkan Dari Bob Sadino (alm)

Pemikiran gila Bob Sadino kerap mempengaruhi banyak orang dalam dunia wirausaha. Bagaimana tidak, pemikirannya yang out of the box dan sering terdengar nyeleneh seringkali tidak bisa diterima oleh akal sehat orang kebanyakan.

Seperti yang kita tahu, Bob Sadino (alm) adalah salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Ia dikenal ketika bisnis telur ayam negeri mengalami perkembangan pesat di Indonesia. Bob Sadino memiliki beberapa bisnis, diantaranya adalah bisnis bahan pangan olahan, bisnis sayur dengan sistem hidroponik, bisnis biro perjalanan wisata, hingga bisnis supermarket.

Namun semua kesuksesan bisnisnya tidak terjadi begitu saja. Bahkan dulu ia pernah mengalami keterpurukan dalam menjalankan usahanya. Menurut Bob Sadino, pemikirannya selama ini lah yang membuatnya bangkit dari keterpurukan dan sukses berbisnis.
Berikut ini adalah 5 pemikiran gila Bob Sadino yang bisa memotivasi Anda untuk sukses di masa depan:

1. Jangan Banyak Rencana, Karena Rencana adalah Bencana

Pemikiran ini tentu sangat bertolak belakang dengan kebanyakan pebisnis yang biasanya suka melakukan perencanaan secara matang. Menurut Bob Sadino, membuat perencanaan yang matang adalah sesuatu yang bisa menjadi bencana.

Ia menulis dalam buku yang berjudul “Mereka Bilang Saya Gila”, di buku tersebut Bob Sadino menyebutkan bahwa rencana hanya berlaku bagi seseorang yang belajar ilmu manajemen. Dalam dunia usaha tidak ada seperti itu, sebuah usaha tidak mungkin bisa lurus persis seperti yang direncanakan.

Lebih lanjut, Bob Sadino juga menyebutkan bahwa sepak terjangnya di bisnis peternakan ayam pun bisa berhasil bukan karena direncanakannya.

2. Pemikiran Gila Bob Sadino “Carilah Kegagalan dan Kerugian”

Tentunya semua orang tidak ingin menerima kegagalan maupun kerugian, dan pasti berusaha keras untuk menghindarinya. Tapi berbeda dengan Bob Sadino, ia justru menyarankan untuk mencari kegagalan dan kerugian.

Di dalam buku berjudul “Belajar Goblok dari Bob Sadino”, ia menjelaskan bahwa kebanyakan pengusaha berpikir linear: kalau mau usaha berarti harus untung agar berhasil. Faktanya, saat menjalankan usaha seringkali pengusaha justru mengalami kerugian dan kegagalan.
Itulah alasan mengapa ia menyarankan untuk mencari kegagalan dan kerugian. Bagi Bob Sadino sebuah keberhasilan dalam bisnis adalah sebuah titik puncak dari sekian banyak kegagalan yang telah dialami.

3. Jangan Kebanyakan Analisis

Hampir sama dengan poin nomor #2 “Recana adalah Bencana”, menurut Bob Sadino tidak perlu melakukan banyak analisis jika mau sukses. Alasannya, seringkali orang yang melakukan analisis justru membuatnya fokus pada hal-hal negatif.

Analisis membuat seseorang berpikir tentang hal buruk yang bisa terjadi pada sebuah bisnis. Hal ini kemudian akan membuat orang tersebut menjadi sulit melangkah. Menurut Bob Sadino, lebih baik segera bertindak dan memulai usaha Anda, dan cetak keuntungan setiap bulannya.

4. Orang Bodoh Jadi Bos

Ini adalah pemikiran gila Bob Sadino yang mungkin tidak masuk akal bagi kebanyakan orang. Anda mungkin sudah tahu salah satu kutipan kata-kata Bob Sadino yang nyentrik ini, “Setinggi apapun pangkat yang dimiliki, Anda tetap seorang pegawai. Sekecil apapun usaha yang Anda punya, Anda adalah bossnya.”

Pemikiran inilah yang mengawali keputusan Bob Sadino untuk kembali ke tanah air setelah sekian lama menjadi karyawan di Amsterdam dan Hamburg. Orang yang dianggap bodoh memang harus membuat usaha sendiri karena ia selalu ditolak oleh berbagai macam pekerjaan.
Namun, untuk mengembangkan usahanya, tentunya orang yang dianggap bodoh tadi membutuhkan orang pintar untuk membantunya. Hal ini sangat sesuai dengan yang terjadi pada diri Jack Ma, berkali-kali ditolak di dunia kerja karena dianggap tidak kompeten, justru akhirnya ia sukses menjadi seorang pengusaha dan membangun Alibaba.com.

5. Menjadi Peka Berkat Jalanan

Selama bertahun-tahun Bob Sadino “hidup di jalanan” dan melihat berbagai hal yang berhubungan dengan dunia wirausaha. Hal ini membuatnya menjadi lebih peka dalam melihat berbagai peluang usaha yang ada di sekitarnya.
Menurut Bob Sadino, riwayat pendidikan seseorang bukanlah sesuatu yang harus diagungkan. Menurutnya, pribadi yang pintar cenderung hanya akan banyak bicara tanpa bisa melaksanakan apa yang diucapkannya, khususnya dalam dunia wirausaha.
Meskipun Bob Sadino sudah meninggal, ada banyak pelajaran dan inspirasi yang bisa kita dapatkan dari sosok nyentrik ini. Dan tentu saja Bob Sadino akan terus dikenang bukan hanya karena kesuksesannya dalam membangun bisnis, namun karena pemikiran-pemikiran yang out of the box. Semoga menginspirasi.


Ditayangkan sebelumnya dari situs maxmanroe.com
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait