Mengapa perusahaan Anda harus menciptakan komunitas bakat

Mengapa perusahaan Anda harus menciptakan komunitas bakat

Komunitas bakat mungkin akan menjadi sesuatu yang besar dalam dunia perekrutan dan sumber daya manusia, namun hanya sedikit perusahaan yang menggunakan komunitas tersebut. Jika sebuah perusahaan ingin mendapatkan calon pekerja terbaik untuk posisi yang sedang dibuka atau mendapatkan referensi karyawan, mereka harus mulai menggunakan teknik ini.

Setiap perusahaan yang baik, berkembang ketika ide tersebut menyatu bersama anggota tim yang hebat dengan “value” yang sama dan budaya kerja yang diinginkan. Komunitas bakat mungkin merupakan salah satu cara terbaik untuk mengumpulkan bakat serta mendapatkan akses referensi serta pencari kerja yang sesuai dengan perusahaan.

Jika sebuah bisnis ingin berhasil, Anda harus terlebih dahulu menciptakan hubungan. Berikut ini adalah lima langkah yang dapat Anda gunakan untuk menciptakan komunitas bakat bagi perusahaan Anda atau bisnis kecil.

Temukan sebuah platform

Gunakan halaman karir website perusahaan Anda untuk menciptakan sebuah “kolam” untuk semua jenis bakat seperti: menampilkan daftar karyawan Anda saat ini, mantan karyawan, dan calon karyawan. Cara lainnya adalah membuat sebuah grup Facebook tertutup yang digunakan untuk berbagi pengalaman atau artikel menarik, atau berinvestasi dalam software recruitment yang memungkinkan Anda untuk membuat jaringan bakat internal. Setelah Anda memilih platform, pilih seorang manajer yang dapat mengelola komunitas bakat tersebut secara berkelanjutan.

Undang Karyawan dan Alumni

Undang karyawan, manajer dan alumni perusahaan untuk bergabung dalam jaringan online Anda. Jelaskan platform tersebut kepada mereka dan bagaimana cara menggunakan platform tersebut, kemudian beritahukan mereka untuk mengundang teman-teman mereka, kolega dan kontak profesional lainnya yang mungkin tertarik untuk bekerja di perusahaan Anda, baik sekarang atau di masa yang akan datang. Dorong mereka untuk selalu mengupdate hal – hal yang berhubungan dengan bisnis atau hal – hal lain yang dapat menginspirasi komunitas bakat Anda dan ajak mereka untuk aktif berpartisipasi dalam setiap diskusi.

Perluas Jaringan Anda

Buat jaringan bakat yang lebih kecil dalam komunitas yang lebih luas supaya Anda dapat menargetkan audiens yang lebih spesifik. Pertimbangkan untuk menambahkan sebuah grup yang hanya digunakan untuk berdiskusi dan berbagi informasi antar mantan pegawai perusahaan, atau sekelompok calon karyawan yang tertarik dengan perusahaan Anda atau untuk berbisacara dengan karyawan Anda saat ini. Hal ini akan membantu Anda dalam menargetkan komunikasi terhadap audiens tertentu bila diperlukan.

Engage komunitas Anda

Komunitas bakat Anda ingin sesuatu yang bersifat eksklusif, mereka ingin mendapatkan informasi yang ada di belakang layar organisasi, mengetahui karyawan dan budaya perusahaan Anda. Kirim update informasi tersebut melalui e-newsletter, atau berikan informasi mengenai career advancement dalam bentuk postingan blog, webinar, video, atau konten online lainnya yang dapat dibagikan. Adakan kontes atau undang anggota komunitas Anda untuk berkontribusi dengan cara memberikan opini mengenai topik-topik tertentu dan mengumpulkan kutipan – kutipan atau artikel – artikal  menarik ke dalam postingan blog. Menciptakan hubungan melalui situs media sosial juga merupakan cara yang terbaik untuk membuat komunitas bakat Anda berpartisipasi.

Petik Manfaat

Sebuah komunitas bakat yang terawat memberikan banyak manfaat bagi pengusaha. Ini berarti menghemat uang dan waktu yang biasanya Anda habiskan dalam proses recruitment dan pemasangan iklan lowongan kerja. Dengan membangun komunitas ini, berarti Anda berpotensial untuk mendapatkan calon karyawan yang lebih berkualitas dan Anda juga dapat berinteraksi dengan lebih banyak calon karyawan (banyak pilihan), dan mendapatkan kesempatan untuk memberikan mereka pemahaman yang lebih baik mengenai apa yang dilakukan oleh perusahaan Anda setiap harinya.

Pengusaha yang telah membentuk komunitas bakat telah melihat “kolam bakat” mereka berkembang, budaya perusahaan mereka menjadi lebih baik dan kualitas karyawan mereka meningkat. Jadi, mulai ciptakan komunitas bakat Anda hari ini dan petik manfaatnya bagi perusahaan atau organisasi Anda kelak.

 

Ditayangkan sebelumnya dari situs kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait