Kode Etik Berpakaian Saat Interview Kerja

Kode Etik Berpakaian Saat Interview Kerja

Bagi sebagian orang mungkin tidak terlalu peduli dengan kode etik berpakaian, sebab pada umumnya kode etik berpakaian berlaku pada saat menghadiri acara – acara formal seperti pernikahan, seminar, workshop, dan lain – lain. Kode etik merupakan bagian dari tata cara atau sopan santun ketika menghadiri sebuah acara tertentu dan Anda bisa menerapkannya kapan saja termasuk ketika Anda menghadiri interview kerja.

Cara berpakaian yang rapi pada saat interview akan sangat mendukung penampilan Anda ketika bertemu dengan HRD. Selain itu dengan berpakaian rapi, kepercayaan diri Anda akan meningkat dan pewawancara akan memberikan kesan positif. Kepercayaan diri merupakan modal yang cukup penting ketika menghadiri interview kerja karena pihak HRD tidak hanya menilai dari faktor psikologi Anda saja, tetapi juga memperhitungkan faktor lain, seperti cara berpakaian Anda.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips kode etik berpakaian yang baik ketika interview kerja.

Setrika baju

Jangan pernah datang ke interview kerja tanpa menggunakan pakaian yang rapi, oleh karena itu persiapkan baju yang ingin Anda gunakan sehari sebelum interview dan tentu saja setrika terlebih dahulu pakaian yang ingin Anda gunakan agar terlihat rapi ketika Anda mengenakannya nanti

Gunakan kemeja yang berwarna terang tetapi yang warnanya agak lembut karena Anda tidak ingin dikatakan norak bukan? gunakan pakaian yang berwarna putih, biru muda atau krem. Tujuan menggunakan pakaian berwarna terang adalah untuk menimbulkan kesan semangat atau fresh ketika Anda menghadiri interview.

Kenakan dasi bila perlu

Bila Anda diundang untuk menghadiri acara interview kerja dengan posisi eksekutif seperti supervisor atau manager, maka akan lebih baik jika Anda menggunakan dasi agar terlihat lebih profesional dihadapan HRD. Bagi sebagian orang, ini merupakan hal yang tidak terlalu penting, namun cukup memberikan efek yang positif ketika Anda berhadapan dengan pewawancara.

Jangan lupa menggunakan ikat pinggang

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa ikat pinggang merupakan aksesoris yang cukup penting ketika menghadiri acara – acara formal seperti ini, karena aksesoris ini mampu memberikan kesan positif terhadap orang yang menggunakannya (terkesan rapi dan profesional), oleh karena itu gunakan ikat pinggang untuk menghadiri acara – acara formal dan jangan lupa menyesuaikan warnanya dengan atasan ataupun bawahan yang Anda gunakan agar terkesan matching.

Celana panjang

Bila anda meghadiri acara – acara resmi tentu saja Anda wajib menggunakan celana panjang, tetapi ingat celana panjang yang Anda gunakan bukan yang terbuat dari bahan jeans karena hal tersebut kurang tepat jika digunakan untuk menghadiri interview kerja. Gunakan celana panjang yang berbahan cotton / katun karena bahan tersebut sangat pas jika dipadukan dengan kemeja kerja. Jangan lupa untuk menggunakan celana yang berwarna gelap untuk menyesuaikan atasannya yang berwarna terang.

Gunakan kaus kaki dan sepatu kerja berwarna gelap

Ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, bahkan sejak kita masih sekolah dan hal ini pun berlaku ketika Anda menghadiri acara formal seperti interview kerja. Jika Anda menghadiri sebuah acara formal maka sepatu yang cocok untuk Anda gunakan adalah sepatu yang terbuat dari bahan kulit dan berwarna gelap, selain itu jangan lupa untuk mengenakan kaus kaki yang berwarna gelap agar sesuai dengan warna celana dan sepatu yang Anda gunakan.


Ditayangkan sebelumnya dari situs Kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait