Kamu Termasuk Pengusaha Atau Entrepreneur? Simak Ya Perbedaannya

Kamu Termasuk Pengusaha Atau Entrepreneur? Simak Ya Perbedaannya

Beberapa orang masih menganggap pengusaha dan entrepreneur itu sama, sekilas mereka memang terlihat sama. Dwi Larso, Ph.d, seorang pengajar di School of Business Management, Institut Teknologi Bandung mengatakan bahwa pengusaha adalah orang yang memiliki bisnis skala besar maupun kecil dan tidak semua pengusaha memiliki jiwa entrepreneur. Sedangkan seorang entrepreneur pasti memiliki jiwa pengusaha, di mana mereka dapat memanfaatkan peluang dari setiap bisnisnya atau orang yang terjun ke dalam suatu bisnis. Di mana, jika kita memiliki jiwa entrepreneur, dapat dipastikan bisnis yang akan dijalani akan dapat terus bertahan. Lalu, apakah Anda termasuk pengusaha atau entrepreneur? Temukan perbedaannya di bawah ini.
 
Tujuan
Seorang pengusaha biasanya akan menjalankan bisnis untuk mendapatkan keuntungan, keuangan yang lebih stabil, dan menjadi sukses. Sedangkan entrepreneur lebih peduli pada perubahan di sekitar dan mengejar passion untuk mencapai tujuan akhir yang memberikan kesenangan dan kepuasan. Entrepreneur kurang tertarik pada keuntungan secara finansial, tapi mereka fokus dalam mengembangkan produk/jasa yang akan mereka tawarkan.
 
Waktu
Pengusaha tidak suka membuang waktu, mereka akan selalu mengecek jam untuk memastikan tidak ada pekerjaan atau kegiatan yang tertunda dan harus diselesaikan di luar jam kantor. Entrepreneur bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaannya dan membuat produknya lebih sempurna. Karena menurut seorang entrepreneur, produk adalah sebuah karya besar yang harus ia kembangkan untuk memuaskan pelanggannya.
 
Sikap
Pengusaha biasanya akan merasa nyaman dengan apa yang telah dan rutin mereka lakukan. Mereka melakukan sesuatu tanpa berharap adanya perubahan dan hanya mementingkan bisnisnya berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan. Sebaliknya, entrepreneur akan terus menyesuaikan dan mengikuti perkembangan zaman dan mengubah pola pikir untuk membuat perusahaan mereka sebesar mungkin tanpa ada batasan.
 
Risiko
Pengusaha akan selalu melakukan perhitungan dalam menjalankan bisnis, karena mereka akan mengambil risiko yang telah dihitung dan dikelola. Kalaupun bisa, mungkin mereka tidak menginginkan uangnya hilang sedikitpun atau mengalami kebangkrutan. Berbeda dengan seorang entrepreneur, mereka dapat mengambil risiko yang tidak masuk akal sekalipun. Demi mengejar passion, mereka tidak peduli terhadap waktu dan uang yang mereka habiskan. Meski begitu, mereka melakukannya dengan senang dan penuh semangat, sehingga banyak dari entrepreneur yang mengambil risiko besar justru mendapatkan hasil yang luar biasa.
 
Ide
Dari segi ide, seorang pengusaha biasanya akan memilih ide yang sedang tren di sekitarnya dan terlihat memiliki keuntungan yang besar. Sedangkan seorang entrepreneur adalah seorang pencipta ide produk atau bisnis pertama kalinya. Mereka rela menghabiskan waktu, energi, dan uang untuk membuat ide bisnisnya sendiri. Entrepreneur biasanya memiliki ide orisinil dan berbeda dari yang pernah ada, bahkan terkadang idenya unik dan di luar dugaan kita.
 
Definisi Sukses
Sukses menurut pengusaha adalah keberhasilan bisnis dan pelaksana kepentingan bisnis yang meliputi dirinya sendiri, partner bisnis, karyawan, pelanggan, investor, dan juga komunitas. Sedangkan menurut entrepreneur melakukan pekerjaannya dan membiarkan perjalanan bisnisnya yang akan mendefinisikan kesuksesan yang ia capai.
 
Itulah enam perbedaan antara pengusaha dan entrepreneur. Lalu, apakah Anda seorang pengusaha atau entrepreneur. Apapun jiwa yang Anda miliki, Anda harus tetap dapat mengelola keuangan bisnis dengan baik dan tepat. Karena keuangan adalah hal penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun. Dengan fitur-fitur yang Jurnal berikan, Anda dapat lebih fokus mengembangkan bisnis dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman.
 


Ditayangkan sebelumnya dari situs jurnal.id
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait