Ini yang harus Anda lakukan ketika Anda membenci pekerjaan Anda

Ini yang harus Anda lakukan ketika Anda membenci pekerjaan Anda

Anda telah menghabiskan waktu bertahun – tahun, mendapatkan gaji jutaan rupiah, membangun jaringan profesional, dan akhirnya Anda berhasil mendapatkan pekerjaan impian Anda. Namun ternyata, pekerjaan impian Anda merupakan sebuah mimpi buruk.

Lalu apa yang harus Anda lakukan ketika Anda membenci pekerjaan Anda? Jangan panik. Lakukanlah lima hal berikut ini:

Menarik nafas dalam – dalam

Pada setiap kejadian trauma, hal pertama dan yang paling penting harus Anda lakukan adalah menarik nafas dalam – dalam. Melakukan tindakan secara spontan tidak akan pernah memberikan hasil yang baik, dan tentu saja hal tersebut tidak akan menghilangkan rasa trauma Anda. Ini merupakan saat yang tidak tepat bagi Anda untuk melakukan tindakan. Duduklah sesaat dan ambil nafas dalam – dalam. Ketika Anda sudah tenang, Anda dapat melakukan tindakan selanjutnya.

Pada tahap ini, Anda telah menentukan atau menemukan apa masalah yang sebenarnya terjadi. Mungkin saja pekerjaan impian Anda tidak seburuk yang Anda pikir, jika Anda merasa bahwa pekerjaan tersebut tidak membuat Anda nyaman, bisa jadi perusahaan atau lingkungan tempat kerja Anda yang menjadi masalahnya. Jika memang seperti itu, Anda dapat mempersiapkan langkah – langkah untuk resign atau mencari pekerjaan di perusahaan lain. Pada tahap ini, Anda juga mungkin akan menemukan hal – hal yang mungkin tidak sesuai dengan diri Anda, catatlah hal tersebut dan jadikan pertimbangan ketika Anda ingin melamar pekerjaan untuk posisi yang sama.

Membuat strategi

Pada tahap ini Anda dapat menentukan pilihan berdasarkan analisa yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Bisakah Anda mendiskusikan masalah Anda pada bagian HRD? Apakah pekerjaan yang sama di perusahaan lain akan lebih baik? Jika Anda memutuskan bahwa jalan karir Anda pada posisi ini tidak sesuai, maka Anda dapat mencari jalan karir alternatif yang sesuai dengan pengalaman dan keahlian Anda. Atau Anda juga bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan sekolah atau kursus jika memang memungkinkan. Buatlah beberapa pilihan dan pertimbangkan pro dan kontranya dengan berhati – hati.

Eksekusi

Anda telah mengambil nafas dalam – dalam, menganalisa masalah, dan membuat rencana. Maka sekarang saatnya Anda mengambil tindakan. Apapun yang sudah Anda pilih harus Anda eksekusi saat ini juga. Dan ingatlah, jika Anda tidak berhasil ketika pertama kali mencoba, maka jangan berkecil hati karena dunia tidak akan kiamat. Banyak sekali orang – orang diluar sana yang menjadi sukses karena mereka memulainya dengan suatu kegagalan. Ingat bahwa Anda tidak sendirian dan jika Anda mengalami kesulitan, Anda dapat selalu mencari atau meminta bantuan kepada teman, rekan kerja, atau atasan Anda.

Merenung

Jadi, bagaimana jika Anda menganggap bahwa Anda telah melakukan tindakan yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan kebutuhan finansial Anda? Jika memang seperti ini kasusnya, ambil waktu sejenak untuk merenungkan segala aspek yang Anda pilih pada karir Anda, bisa saja semua hal negatif yang Anda rasakan mengenai karir Anda tidak seburuk itu. Jika hal yang terjadi tidak sesuai dengan ekspektasi Anda, bukan berarti semuanya itu buruk. Jika Anda dapat menemukan sesuatu yang dapat membuat Anda tenang seperti berpikir bahwa Anda jauh lebih beruntung karena Anda memiliki pekerjaan, sementara banyak orang diluar sana yang masih menganggur dan mencari pekerjaan, maka hal itu akan membuat Anda merasa lebih bersyukur. Cobalah melihat gambaran besarnya, dan pahami juga walaupun Anda tidak mendapatkan kesempatan besar saat ini, namun Anda masih dapat memiliki kesempatan besar di kemudian hari.


Ditayangkan sebelumnya dari situs Kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait