Contoh CV (Curriculum Vitae) Yang Baik dan Menarik

Contoh CV (Curriculum Vitae) Yang Baik dan Menarik

Saat ini apabila kita ingin membuat CV (Curicullum Vitae) tidaklah sulit, tinggal buka google  pasti akan menemukan banyak contoh CV, baik yang dibuat dalam bahasa Inggris ataupun dalam bahasa Indonesia. Format yang ditampilkanpun beragam ada yang bberbentuk dengan format PDF atau Dokomen Word (doc)

Mengenai masalah format penulisan CV, tiap negara memberlakukan penulisan CV dengan bentuk yang berbeda-beda. Semua tergantung dari lingkungan sosial dan budaya negara tesebut. Resume yang berlaku di Amerika contohnya, status perkawinan dan tempat tanggal lahir tidak ikut serta  dicantumkan dalam CV karena  hal tersebut dianggap tabu. Hal itu berbeda dengan format yang berlaku di Indonesia.

Di Indonesia, format yang sering digunakan dalam membuat CV akan mencakup penjabaran beberapa informasi. Informasi yang dijabarkan antara lain Identitas (Data Pribadi), Latar Belakang Pendidikan Terbaru, Skill (Kemampuan yang dimiliki), dan Pengalaman Kerja. Selain informasi tersebut, Anda juga memungkinkan mencantumkan Pengalaman Organisasi yang pernah anda ikuti sewaktu skoleh/kuliah atau Pelatihan & Seminar.

CV Yang Menarik

Selain harus baik dan benar, CV juga harus dibuat secara menarik mungkin, karena CV merupakan ujung tombak pengenalan diri kita ketika dalam proses melamar pekerjaan. Meski, pengenalan diri selanjutnya akan terdapat pula dalam tahap interview kerja.

Bentuk CVpun kini mengalami evolusi. Jika dahulu CV berbentuk hardcopy (untuk melamar kerja melalui Pos), diera digital ini CV lebih banyak hadir dalam bentuk doc (digunakan untuk melamar kerja melalui situs lowongan kerja). Namun secara garis besar format yang diberlakukan dalam bentuk hardcopy ataupun doc tidaklah berbeda.

Berikut contoh CV yang bisa jadikan sebagai referensi dalam proses melamar kerja.

Membuat CV yang Baik dan Menarik

Dalam membuat CV yang baik dan menarik ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan baik dalam ukuran, penulisan, bahasa maupun  informasi yang disajikan.

Ukuran CV

Ukuran yang sering  digunakan banyak orang ketika membuat CV adalah A4, baik itu dalam bentuk hardcopy atau softcopy. Jangan lupa untuk menyesuaiakan antara pewarnaan dengan desain agar terlihat eye cathing.  Anda dapat menggunakan orientasi kertas dalam “potrait” atau “landscape”.

Penulisan dan Bahasa dalam CV

Banyak orang yang masih bingung tentang penulisan CV antara di tulis dengan tangan atau menggunakan ketikan komputer. Sampai saat ini belum ada ketentuan yang pasti mengenai hal itu. Namun, sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini banyak perusahaan yang menerima CV via email, maka sebaiknya ketiklah CV anda menggunakan komputer.

Jika memang perusahaan yang Anda lamar menerima CV via Pos, mungkin Anda masih bisa mencoba membuat CV dengan tulisan tangan, karena masih ada beberapa perusahaan yang ingin mengetahui kemampuan menulis Anda melalui CV yang di buat. Selain itu, ada juga beberapa perusahaan yang memberi keharusan membuat CV bagi para pelamarnya dengan tulisan tangan.

Informasi dalam CV

Berikan informasi yang benar, akurat dan detail mengenai diri anda dalam CV. Jangan berikan informasi yang bertele-tele, jika Anda memiliki keterampilan dan minat yang Anda kuasai, jangan segan untuk serta mencantumkannya dalamCV Anda, karena hal itu akan menjadi penilaian lebih bagi diri Anda.

Cantumkan juga pengalaman kerja, apabila sebelumnya Anda sudah pernah bekerja. Detail informasi pengalaman kerja mencakup data tahun bekerja, nama dan lokasi perusahaan, jabatan, dan job description setiap pekerjaan. Usahakan agar tersusun dengan urut mulai dari tahun tahun pekerjaan yang paling lama sampai dengan pekerjaan yang paling baru.

Pertimbangan mengapa pengalaman kerja meski disertakan adalah karena pengalaman kerja merupakan salah satu hal penting faktor yang diperhatikan oleh perusahaan. Jika Anda memiliki masa kerja yang hanya sebentar di beberapa perusahaan, siapkan alasan yang baik mengapa Anda berhenti bekerja. Karena perusahaan akan sangat mempertimbangkan jika Anda memiliki, track record yang singkat di beberapa perusahaan.

Mengenai bentuk alangkah lebih baiknya buatlah CV kamu dalam 2 bentuk, yaitu bentuk print out (hardcopy) dan bentuk PDF (softcopy) agar dapat digunakan jika ingin melamar pekerjaan via email.

Untuk lebih mudahnya saat ini juga tersedia situs-situs yang dapat mebantu kita mempersiapkan CV secara cepat dan bagus, salah satunya adalah Canva. Silahkan klik link berikut untuk lebih jelasnya.


Ditayangkan sebelumnya dari situs kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait