Cara untuk membuat pelanggan online menemukan dan mempercayai Anda

Cara untuk membuat pelanggan online menemukan dan mempercayai Anda

Elemen – elemen online menjadi semakin penting setiap harinya dalam pemasaran. Begitu banyak hal yang terjadi dalam pemasaran online yang melibatkan konten. Kontenlah yang membuat bisnis Anda dapat ditemukan dalam dunia maya, kontenlah yang menjadi alasan mengapa orang – orang tertarik pada bisnis Anda, dan kontenlah yang membuat bisnis Anda menjadi semakin bernilai. Tanpa sebuah platform untuk membangun konten, maka segala usaha yang Anda lakukan akan menjadi sia – sia.

Setiap orang saat ini mengharapkan untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai macam produk, layanan, perusahaan, bahkan individual melalui platform favorit mereka yaitu mesin pencari. Jadi, jika mereka tidak menemukan konten yang Anda hasilkan, maka kemungkinan besar Anda tidak layak untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Padahal dua kategori penting yang harus Anda miliki ketika ingin membuat strategi pemasaran konten adalah membangun kepercayaan dan mengedukasi pelanggan.

Berikut ini merupakan empat cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun kepercayaan online:

Blog

Ini merupakan hal wajib yang harus Anda miliki ketika Anda ingin membuat sebuah strategi pemasaran konten. Mengapa? Karena blog akan digunakan untuk memproduksi konten dan membuat konten menjadi mudah untuk dibagikan. Mesin pencari sangat menyukai konten blog dan ini merupakan tempat dimana Anda dapat dengan mudah mengorganisir berbagai konten karena blog dapat dengan mudah diperluas dan diadaptasi untuk menjadi sebuah artikel, berita, workshop, dan ebook.

Media sosial

Anda harus mengklaim semua kesempatan gratis untuk menciptakan profile dalam media sosial dalam situs seperti LinkedIn, Facebook, Twitter, dan komunitas online lainnya seperti majalah BusinessWeek, Entrepreneur, Inc, Kerjayuk, dan lain – lain. Bangunlah sebuah profile yang profesional dan optimalkan link, gambar, dan video yang merujuk pada situs utama Anda karena ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam pemasaran konten.

Situs review

Situs rating dan review seperti Yelp, MerchantCircle, dan CitySearch sudah menjadi hal yang mainstream bagi pengguna untuk mengenerate konten berupa rating atau review pada bisnis. Jika Anda dapat membangun sebuah review yang baik pada situs – situs seperti itu, maka hal ini akan berdampak positif bagi bisnis Anda dan tingkat kepercayaan pelanggan akan menjadi lebih tinggi.

Testimonial pelanggan

Ini merupakan konten yang powerful. Setiap bisnis saat ini mencari testimonial dari pelanggan mereka dalam berbagai bentuk: Tulisan, audio, dan video. Konten ini akan memberikan dampak yang sangat positif dalam membangun kepercayaan dan menjadi salah satu asset untuk membangun branding bisnis Anda.

Berikut ini merupakan empat cara yang dapat Anda lakukan untuk memberikan konten yang mendidik pelanggan.

White paper

Setiap bisnis harus membangun sebuah cerita yang didokumentasikan dalam sebuah white paper atau ebook. Konten ini harus membahas secara mendalam tentang apa yang membuat bisnis Anda berbeda, apa rahasia Anda, bagaimana cara Anda mendekati pelanggan, dan mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan tersebut.

Seminar

Presentasi, workshop, dan seminar (online dan offline) merupakan salah satu cara untuk memberikan edukasi dan engagement. Ubah white paper Anda menjadi sebuah topik yang dapat dibahas dalam waktu 45 menit, sesi yang memberikan nilai merupakan cara untuk menghasilkan, menjaga, dan mengkonversi lead.

FAQ

Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa informasi yang diberikan dalam bentuk FAQ merupakan informasi yang sangat bernilai, namun dengan memberikan pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan ditambah dengan pertanyaan dan jawaban penting lainnya (yang jarang ditanyakan) akan membuat posisi Anda menjadi lebih disukai dibandingkan kompetitor Anda.

Cerita sukses

Membangun sebuah cerita berdasarkan kenyataan mengenai kesuksesan klien ketika menggunakan produk atau layanan yang Anda tawarkan merupakan cara yang paling efektif untuk membantu orang  untuk belajar dari pengalaman orang lain dan bisnis yang sejenis dengan mereka. Ketika prospek melihat diri mereka dalam sebuah cerita sukses, biasanya mereka akan dengan suka rela mempromosikan produk atau layanan Anda dan menjadi brand ambasador bisnis Anda secara suka rela.

Salah satu hal yang kita ketahui dengan pasti adalah ketika orang – orang ingin mencari bisnis, mereka akan melakukannya secara online dan mencarinya menggunakan mesin pencari. Anda sebagai seorang pemasar, harus tahu bagaimana cara untuk membuat mereka dapat dengan mudah menemukan Anda dan menjadi ahli pemasaran lokal di daerah Anda sebelum kompetitor Anda melakukannya. Ini artinya Anda harus benar – benar fokus untuk memenangkan pencarian yang dilakukan oleh orang – orang.

Berikut ini merupakan lima langkah yang dapat Anda lakukan untuk membangun kehadiran lokal:

Buat tampilan website Anda terlihat lokal

Ada begitu banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat halaman website Anda terlihat lokal. Ini merupakan salah satu elemen yang menyampaikan pesan kepada mesin pencari bahwa bisnis Anda merupakan bisnis lokal.

Klaim dan buat profile bisnis Anda

Direktori pencarian seperti Google, Yahoo!, dan Bing mengharapkan Anda untuk mengklaim profile Anda dan membangun informasi yang kaya untuk profile lokal. Ini akan membuat pekerjaan mereka menjadi lebih mudah ketika ada orang yang mencari lokal bisnis.

Berpartisipasi dalam rating dan permainan review

Banyak direktori bisnis lokal yang sudah ada menambahkan fitur untuk review dan rating. Jika Anda tidak memberikan perhatian pada situs – situs besar dan memantau apa yang mereka katakan, Anda akan berpotensi untuk kehilangan bisnis karena sebuah review yang buruk.

Update listing dan citation bisnis Anda

Citations merupakan mention dari bisnis Anda atau sebuah alamat yang muncul pada website orang lain. Ini merupakan komponen kunci yang akan meningkatkan peringkat Anda pada mesin pencari karena citations tersebut membuktikan bahwa bisnis Anda memang bisnis lokal.

Miliki jaringan pada topik grup tertentu

Mulailah membangun grup niche lokal dan bangun komunitas pengguna disekitar platform media sosial yang sesuai dengan tema grup Anda seperti Flickr, Facebook, LinkedIn, Meetup, Biznik, dan lain – lain. Jika Anda dapat menemukan area yang dapat membuat orang lain tertarik, Anda mungkin dapat membangun tools yang berguna untuk membangun kehadiran bisnis lokal Anda.


Ditayangkan sebelumnya dari situs Kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait