Bagaimana Mentor Dapat Mempercepat Karir Anda

Bagaimana Mentor Dapat Mempercepat Karir Anda

Pada awal karir profesional Anda, segala sesuatu di depan Anda dapat terlihat menakutkan. Selama bertahun-tahun ini Anda memutuskan apa yang ingin Anda lakukan dan dimana Anda akan memulainya. Banyak dari kita berubah pikiran mengenai karir di masa depan, dan kemudian tentu saja, perubahan pekerjaan.

Fase yang luar biasa menekan ini dapat diatasi dengan mencari mentor untuk memberikan bimbingan dan membantu Anda mencapai tujuan karir Anda. Belajar dari mentor sukses dibidang yang Anda minati dapat meningkatkan kemampuan profesional Anda dan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat dari memiliki mentor dalam pasar kerja yang kompetitif, serta tips tentang cara untuk menemukan seorang mentor.

Apa yang ditawarkan Mentor

Manfaat yang paling jelas dari memiliki mentor adalah belajar dari pengalaman kehidupan nyata mereka di lapangan. Anda akan mengetahui rahasia tips pribadi mereka untuk mengatasi tantangan profesional, membuat keputusan bisnis yang sulit atau menentukan apakah lulusan sekolah adalah investasi yang baik. Pengetahuan mereka akan jauh lebih berguna daripada kolom saran yang dapat Anda lihat di website atau blog.

Untuk Fran Hauser, presiden digital untuk Time Inc ‘s Style and Entertainment Group, menjadi mentor perlu memberikan nasihat yang relevan dan tentu saja nasihat tersebut harus segera ditindaklanjuti. “Hal ini bisa saja merupakan hal yang sederhana seperti menyarankan Anda untuk mengikuti atau follow orang – orang yang berpengaruh di Twitter agar Anda tetap mengetahui trend digital, atau menjadi mentor bisa berarti menuntun seseorang berjalan selangkah demi selangkah melalui negosiasi penawaran. Hal yang paling penting adalah saya membuka akses dan jujur dalam bimbingan saya.”

Selain mengumpulkan wawasan dari pengalaman pribadi mentor, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari jaringan mereka yang luas. Jika mentor Anda tidak memiliki pengalaman dengan masalah tertentu yang Anda hadapi, mereka mungkin dapat menjangkau seseorang yang akan membantu mereka. Selain itu, Anda tidak akan pernah tahu bagaimana koneksi tertentu akan bermanfaat di masa depan. Siapa pun yang Anda temui bisa menjadi mitra bisnis potensial atau menjadi pemimpin dalam pekerjaan.

Kellee Khalil, CEO dan pendiri Lover.ly, mengatakan kepada Mashable tentang manfaat dari memiliki mentor yang secara luas terhubung. “Jaringan mentor Anda adalah kelompok yang paling berharga dalam kontak Anda”. Sebagai seseorang yang secara pribadi ingin melihat keberhasilan Anda, mentor Anda akan membuka jaringan mereka untuk Anda.

Cara Mencari Mentor

Untuk menemukan mentor tidak sesulit yang Anda pikirkan. Sebelum Anda memulai pencarian Anda, ada baiknya untuk melakukan beberapa persiapan seperti :

Tuliskan harapan Anda. Apa yang ingin Anda pelajari? Seberapa sering Anda ingin bertemu dengan mentor Anda dan seperti apa komitmen waktu yang dapat mereka sediakan? Berapa lama Anda ingin mentorship ini berlangsung? Uraikan harapan ini dari awal untuk memastikan bahwa Anda dan mentor Anda berada pada halaman yang sama.

Tentukan seseorang yang dapat Anda pelajari. Mentor ideal adalah seseorang yang Anda hormati, profesional, dan dengan karier yang Anda ingin tiru atau mencari orang yang sukses di bidang Anda. Faktor lain yang penting untuk diingat adalah kepribadian – menemukan seseorang yang Anda sukai pada tingkat pribadi. Jika Anda benar-benar menikmati berkomunikasi dengan mentor Anda, pengalaman Anda selama mentoring akan lebih memuaskan.

Setelah Anda memutuskan apa yang Anda inginkan dari hubungan mentor, ada berbagai sumber bagi Anda untuk berkonsultasi.

Levo League adalah startup yang difokuskan pada pengembangan profesional perempuan muda, menyediakan sumber daya karir yang dibutuhkan untuk membantu mereka mencapai kesuksesan, baik pribadi maupun profesional. Melalui platform online Levo League, perempuan muda dapat mencari mentor tertentu dalam industri mereka, atau “mengikuti” karir berbagai pemikiran pemimpin yang ditampilkan di situs tersebut. Levo League menawarkan mentor di industri terkemuka termasuk Fran Hauser, COO Facebook Sheryl Sandberg, dan mantan editor-in-chief majalah Cosmopolitan Kate White.

Mentoring adalah topik yang hits dekat dengan rumah Sandberg, yang baru-baru ini menulis buku Lean In. Dia menulis bahwa “meminta masukan bukanlah tanda kelemahan, itu adalah langkah pertama untuk menemukan jalan ke depan.” Status mentornya di situs Levo League menciptakan one-to-many dynamic, dimana dia bisa mementori sebuah kelompok besar individual hanya dengan satu nasihat. Siapapun di situs dapat memberikan pertanyaan kepada mentor, dan sebagian besar tanggapan ini dibagi secara terbuka, sehingga Anda dapat mengajukan pertanyaan Anda sendiri atau mencari situs untuk percakapan yang ada pada topik.

Tentu saja, ada banyak kesempatan untuk bertemu mentor dalam kehidupan nyata, juga. Tapi di mana?

Langkah pertama adalah untuk memeriksa kota Anda. Kebanyakan kota memiliki meetups untuk hampir setiap industri atau minat yang sama dengan Anda. Pastikan juga Anda memeriksa seminar atau workshop yang relevan dengan bidang Anda. Teliti kesempatan yang tersedia dan cari orang yang memiliki karir atau bidang yang sesuai dengan bidang Anda dan perkenalkan diri Anda.

Tempat lain yang bagus untuk menemukan mentor secara offline adalah memanfaatkan kekayaan pengetahuan yang tersedia di sekitar universitas. Mencari seorang profesor yang sangat karismatik atau kandidat doktor, dan meminta mereka untuk menemani Anda minum kopi. Ambil keuntungan dari orang-orang yang memiliki pengalaman hidup yang berbeda sebagai pengetahuan Anda dan jangan takut untuk mengajukan pertanyaan.


Ditayangkan sebelumnya dari situs Kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait