Kabardewata.com

Entrepreneur

6 Tips berpakaian ketika interview kerja

Kategori Entrepreneur, March 07, 2016, Dilihat sebanyak 202 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Kesan pertama yang Anda ciptakan ketika Anda pertama kali interview merupakan hal yang sangat penting. Bahkan sebelum Anda membuka mulut, Anda sudah dinilai dari bagaimana Anda berpakaian dan hal ini akan memberitahukan kepada mereka karakteristik dan etika kerja diri Anda.

 
Cara berpakaian dapat menentukan berhasil atau tidaknya Anda ketika interview. Jadi bagaimana seharusnya Anda berpakaian ketika Anda pergi interview? Berikut ini merupakan tips dan trik yang harus Anda ingat agar Anda dapat memberikan kesan pertama yang baik.
 
Riset budaya perusahaan dan cara mereka berpakaian
Setiap pakaian yang kita kenakan ketika interview dapat bervariasi pada berbagai industri. Jika Anda mengenal orang dalam yang bekerja di perusahaan tersebut, maka Anda dapat menanyakan kepada kenalan Anda seperti apa pakaian yang mereka kenakan saat bekerja.
Jika Anda tidak mengenal siapa pun, tidak masalah. Hubungi bagian HRD perusahaan tersebut dan minta rekomendasi mereka. Bahkan jika perusahaan tersebut memiliki dress code yang kasual, mereka akan mengharapkan Anda untuk berpakaian yang rapi saat pertama kali interview.
 

Berinvestasi pada pakaian
Pada beberapa industri, jas dan dasi merupakan hal yang normal. Jika Anda melamar pekerjaan pada salah satu industri tersebut, investasilah pada beberapa pakaian profesional namun nyaman untuk Anda kenakan. Jangan membelinya hanya karena Anda diminta untuk kembali pada interview berikutnya. Pakaian ini mungkin akan menghabiskan biaya yang cukup besar, namun hal tersebut akan membuat Anda terlihat profesional.


Kenakan segala sesuatu yang matching dan sepatu yang nyaman.
Penampilan Anda termasuk sepatu yang Anda kenakan, namun sayang sekali banyak orang yang tidak menyadari hal ini. Penampilan Anda secara keseluruhan tidak akan memberikan efek yang baik jika Anda mengenakan pakaian yang cantik, jas yang bagus, namun menggunakan sepatu yang sudah kusam dan kotor.
Untuk pria, sepasang sepatu kerja atau kets sudah cukup baik. Untuk wanita, cobalah untuk lebih konservatif dan mengenakan sepasang sepatu berhak rendah, dan jangan sampai jari kaki Anda terlihat.
 

Cobalah untuk mengenakan pakaian interview sehari sebelum Anda menggunakannya

Walaupun mungkin Anda sudah mencoba pakaian tersebut sebelum Anda membelinya, namun akan lebih baik jika Anda mencobanya sehari sebelum Anda pergi interview untuk memastikan bahwa pakaian yang Anda kenakan memang pas dan nyaman. Pastikan bahwa Anda dapat berjalan dan duduk dengan nyaman ketika mengenakan pakaian tersebut, sambil melakukan latihan untuk menjawab pertanyaan interview.

Jangan berlebihan dalam mengenakan aksesoris
Baik Anda pria atau pun wanita, aksesoris merupakan hal yang penting. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam mengenakan perhiasan, terutama yang besar, mencolok, dan mengganggu orang lain, karena hal tersebut dapat mengalihkan perhatian pewawancara ketika Anda interview. Jika Anda adalah seorang pria, maka jam tangan dan ban pinggang sudah cukup.

Rias diri Anda
Selain pakaian Anda, pastikan juga rambut Anda terlihat rapi dan kuku jari Anda bersih karena Anda harus berjabat tangan dengan orang yang akan menginterview Anda, dan tentunya Anda tidak ingin mereka melihat kotoran pada kuku jari Anda.


Sumber: Kerjayuk

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image