6 Hal yang diperlukan untuk kesuksesan pemasaran online

6 Hal yang diperlukan untuk kesuksesan pemasaran online

Saat ini, sangat mudah sekali untuk memulai bisnis Anda sendiri. Siapa pun yang memiliki URL, produk yang bagus, dan akun PayPal dapat langsung menjalankannya. Namun jika hal ini mudah bagi siapa saja, ini berarti juga mudah bagi setiap orang. Dunia ecommerce sangat kompetitif sekali. Jadi, bagaimana Anda membuat perusahaan Anda dan produk Anda lebih menonjol? Berikut ini merupakan enam tips yang dapat membantu perusahaan kecil Anda sukses dalam pasar online saat ini.

Pilih platform ecommerce yang tepat untuk Anda

Begitu banyak varian pasar yang tersedia untuk menjual produk Anda, namun tentu saja setiap pasar tersebut memiliki misi, target audiens, dan struktur biaya yang berbeda. Pastikan untuk memilih pasar yang sesuai dengan brand Anda dan membuat Anda merasa nyaman. Baca kebijakan pembatalan belanja dan review dari pengguna lain, kemudian pilihlah yang menurut Anda paling sesuai.

Produk manufaktur dapat mempertimbangkan penggunaan situs seperti Amazon atau Ebay. Bila Anda menjual barang – barang home made, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Etsy.

Pentingnya branding

Brand Anda merupakan janji Anda kepada pelanggan dan reputasi bagi perusahaan Anda. Lakukan apa pun yang Anda bisa untuk melindunginya. Pertama, ciptakan sebuah brand overview (nilai perusahaan Anda, visi dan misi) yang jelas dan bebas dari istilah industri. Berikutnya, bangun sebuah dokumen panduan brand (logo, warna, tagline, dan pesan perusahaan) yang mudah untuk dipahami dan di replikasi, sehingga Anda dapat mengimplementasikannya dengan mudah. Hal ini akan membantu menginformasikan kepada siapa pun mengenai apa yang Anda lakukan, juga memberikan gambaran keseluruhan kepada karyawan yang sudah ada atau karyawan baru.

Fotografi produk

Dalam dunia online, pembeli akan membuat keputusan berdasarkan sebuah foto. Untuk menciptakan sebuah foto produk yang solid, letakkan foto yang dapat menginspirasi pembeli untuk berpikir “Jika saya membeli produk ini, maka saya/rumah saya/kehidupan saya akan menyerupai gambar tersebut.”

Eliminasi hal – hal yang dapat menimbulkan gangguan pada foto (pola atau item dekorasi yang tidak diperlukan). Gunakan cahaya natural dan tampilkan produk pada sebuah latar belakang yang natural. Ambil beberapa variasi gambar dari beberapa sudut dan ukuran.

Layanan pelanggan

Layanan pelanggan merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam pembelian, terutama online, dimana pengalaman personal sudah berkurang atau bahkan tidak ada. Pembeli yang berpotensial akan melihat informasi tentang perusahaan dan mencari review atau rating dari perusahaan Anda. Mereka akan mencari opini dan suara nyata untuk membantu meningkatkan kepercayaan dan pengambilan keputusan. Oleh karena itu sangat penting untuk menciptakan sebuah hubungan antar sesama manusia.

Tambahkan sentuhan personal pada pengiriman, seperti ucapan terima kasih atau produk sample untuk menunjukkan koleksi Anda. Hal ini akan membangun hubungan dan kesetiaan pelanggan sekaligus mendorong refferal dan review yang positif.

Pastikan layanan pelanggan pada organisasi Anda cepat dan konsisten. Latih karyawan Anda untuk mengatasi kritik, keluhan, atau saran dari pelanggan secara konsisten, positif, dan intonasi suara yang baik.

Deskripsi dan nama produk

Dalam beberapa pasar, nama produk dan deskripsi merupakan faktor utama dalam query mesin pencari.

Banyak pasar yang menambahkan judul produk pada URL, sehingga memungkinkan mesin pencari untuk menemukan produk Anda. Buat judul produk Anda deskriptif. “jual keran air” merupakan kata – kata yang kurang deskriptif dan sangat jarang sekali muncul dalam query pencarian “jual keran air wastafel wasser.” Semakin deskriptif sebuah judul, maka kemungkinan untuk muncul dalam hasil pencarian untuk kata “keran air”, “wastafel”, “wasser”, dan sebagainya akan semakin besar.

Buat agar deskripsi produk sederhana dan informatif. Masukkan detil informasi lainnya (ukuran dimensi, warna, pilihan, petunjuk pengiriman, waktu pengiriman). Juga deskripsikan apa produk yang Anda jual tersebut dan bagaimana cara Anda menggunakannya. Hal ini mungkin sangat familiar bagi Anda, tetapi jangan pernah mengasumsikan hal tersebut pada pelanggan potensial Anda.

Menjadi sosial

Dengan mengeksekusinya dengan baik, maka media sosial dapat menjadi alat yang sangat berguna. Namun hal ini membutuhkan banyak waktu dan energi daripada yang dipikirkan oleh kebanyakan orang. Tetapi dengan menggunakannya secara efektif, channel sosial ini akan membantu Anda untuk terus menjaga hubungan dengan pelanggan.

Setiap media sosial memiliki audiens yang berbeda. Foto produk Anda yang cantik dapat Anda postingkan di Instagram dan Pinterest, yang tentu saja akan membawa lead bagi Anda. Testimonial pelanggan dapat dibagikan pada media sosial Facebook dan hal itu dapat membuat Anda mendapatkan lead baru. Gunakan Twitter untuk membagikan informasi promosi produk dan berita terbaru mengenai perusahaan kepada pengikut Anda.


Ditayangkan sebelumnya dari situs kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait