5 Kesalahan besar yang dilakukan pengusaha

5 Kesalahan besar yang dilakukan pengusaha

Menjadi entrepreneur merupakan salah satu pekerjaan yang paling sulit di planet ini. Ada beberapa karir yang membutuhkan beban kerja, keahlian, pengorbanan dan komitmen yang sama dengan entrepreneur. Walaupun pekerjaan yang dilakukan sulit, namun menjadi seorang pengusaha (entrepreneur) juga memberikan hasil (reward) yang layak untuk dikejar. Apapun bidang Anda, apapun tipe bisnis yang Anda miliki, sangat penting untuk menyadari bahwa akan selalu ada kesalahan yang menghampiri Anda. Berikut ini merupakan beberapa kesalahan besar yang dilakukan pengusaha. Hindari kesalahan ini dengan cara apa pun dan Anda akan menemukan diri Anda di jalan menuju kesuksesan.

Berharap sukses dengan cepat

Jika Anda mengharapkan untuk sukses dengan cepat melalui bisnis Anda, maka Anda sudah membuat diri Anda kecewa. Ya, memang sangat baik memiliki kepercayaan diri dan keinginan untuk sukses dengan cepat, namun jangan pernah mengharapkan hasilnya secara instan. Butuh waktu lama untuk mengembangkan sebuah bisnis. Bahkan butuh waktu yang lebih lama lagi untuk mendapatkan hasil dari bisnis Anda sendiri.

Anda harus realistis mengenai harapan Anda dan cobalah untuk lebih bersabar. Salah satu alasan mengapa banyak bisnis yang gagal adalah karena pengusaha berharap bahwa dengan membuka bisnis, maka mereka akan langsung mendapatkan uang. Banyak perusahaan yang bangkrut karena mereka tidak sanggup untuk membayar sewa tempat, itu semua karena mereka berharap untuk mendapatkan uang dengan cepat dan menutup biaya operasional mereka. Inilah alasan mengapa Anda harus realistis terhadap penghasilan yang mungkin Anda akan dapatkan dari bisnis Anda di awal.

Mencoba melakukan segala hal sendirian

Seorang pengusaha yang hebat tahu bagaimana mendelegasikan dan menyederhanakan pekerjaan mereka. Jika Anda mencoba untuk melakukan segala sesuatu sendirian, Anda akan membuat diri Anda jatuh pada kegagalan. Anda harus tahu bagaimana cara mengoutsourcingkan pekerjaan Anda. Saya sudah pernah membuat artikel mengenai keuntungan yang didapatkan dari outsourcing, Anda dapat membacanya disini.

Setiap pengusaha memiliki jenis pekerjaan berbeda yang dapat di outsourcingkan. Apapun itu, sangat penting bagi Anda untuk mendelegasikannya kepada orang lain sehingga Anda dapat menggunakan waktu Anda secara maksimal untuk melakukan pekerjaan yang Anda kuasai. Mengerjakan segala sesuatunya sendirian hanya akan membuat Anda lelah atau tidak fokus ketika mengerjakan tugas yang memerlukan perhatian dan keahlian Anda.

Mengabaikan passion Anda dan hanya mengejar uang
 
Jika Anda tidak memiliki passion terhadap bisnis dan bidang industri pada perusahaan yang Anda bangun, maka Anda tidak akan sukses. Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pengusaha adalah mengabaikan passion mereka dan membuka usaha hanya untuk mengejar uang. Pengusaha yang melakukan hal tersebut tidak akan memiliki rasa pemenuhan diri (fulfillment) pada kehidupan mereka, walaupun mereka sukses. Saya berani menjamin bahwa uang saja tidak akan membuat Anda nyaman jika Anda tidak memiliki rasa pemenuhan diri.

Tidak dapat beradaptasi

Jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses pada pasar yang dinamis saat ini, maka Anda harus belajar untuk beradaptasi. Jika Anda tidak dapat beradaptasi dan Anda memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap sebuah produk atau jasa, maka Anda tidak akan pernah bisa sukses. Anda telah meletakkan semua telur Anda pada satu keranjang.

Anda harus melakukan test, test, dan test secara terus menerus. Cobalah berbagai jenis produk dan solusi. Eksplorasi pilihan baru. Lakukan apa yang sudah berhasil, namun bersiaplah untuk membuat perubahan di masa yang akan datang jika memang diperlukan.

Mengabaikan media sosial

Ada begitu banyak industri tradisional di luar sana yang berpikir bahwa mereka tidak membutuhkan internet. Apapun bisnis atau bidang industri yang Anda geluti, Anda tetap membutuhkan internet. Mengapa? Karena pelanggan Anda ada di internet dan setiap bisnis yang ingin sukses harus selalu berada di dekat pelanggan mereka dan berbicara secara langsung kepada mereka.

Ada revolusi teknologi saat ini dan setiap pengusaha harus memanfaatkannya. Internet dan media sosial merupakan alat yang terbilang murah untuk digunakan oleh pengusaha dan yang paling penting adalah jika Anda dapat menggunakannya (media sosial) dengan benar, maka itu akan menjadi alat pemasaran dan branding yang efektif.


Ditayangkan sebelumnya dari situs Kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait