5 Cara mudah untuk meningkatkan penjualan

5 Cara mudah untuk meningkatkan penjualan

Ada begitu banyak cara untuk meningkatkan penjualan tanpa menimbulkan biaya tambahan. Dan walaupun pendekatan yang dilakukan dapat bervariasi bergantung dari industri dan perusahaan, namun ada lima cara yang dapat diterapkan untuk setiap perusahaan.

Membangun kepercayaan diri untuk masa depan

Kepercayaan diri dapat meningkatkan produktivitas: Ketika karyawan memiliki kepercayaan tentang masa depan mereka, maka mereka akan dapat bekerja dengan lebih baik. Tetapi pada masa ekonomi yang sulit seperti saat ini, orang – orang menjadi khawatir dengan masa depan mereka di perusahaan.

Anda memang tidak bisa menjamin pekerjaan seseorang dan memang seharusnya tidak boleh. Tetapi Anda dapat mengambil tindakan untuk memberikan mereka kepercayaan diri terhadap perusahaan, industri, dan komitmen manajemen kepada mereka.

Mengubah sales leader menjadi pelatih

Identifikasi siapa sales leader di organisasi Anda dan kembangkan diri mereka untuk dapat bertindak sebagai pelatih bagi anggota tim penjualan lainnya. Leader tersebut akan menyukai pengakuan yang akan mereka dapatkan dengan membagikan pengalaman mereka dan teknik rahasia penjualan mereka. Dan anggota tim lainnya dapat menggunakan nasihat yang diberikan oleh sales leader untuk meningkatkan penjualan mereka.

Selain itu, pada proses ini, carilah tips teknik penjualan yang dapat diterapkan secara global. Ketika Anda dapat menemukan tips tersebut, beritahukan kepada seluruh tim penjualan Anda, berikan mereka pujian, terutama sales leader Anda.

Buat proses bisnis Anda menjadi lebih efisien

Fokuslah untuk meningkatkan efisiensi pada proses penjualan. Apakah perusahaan memiliki strategi penjualan yang baik? Peningkatan penjualan dapat dilakukan dengan meningkatkan efisiensi proses penjualan (terkadang dilakukan dengan memotong sebagian proses penjualan), jadi pastikan bahwa kebijakan perusahaan Anda mengijinkan tenaga penjual untuk melakukan penjualan dengan proses yang sesingkat mungkin.

Salah satu contoh praktiknya: Berikan tenaga penjual pilihan harga, agar mereka tidak perlu menunggu persetujuan dari perusahaan untuk menutup penjualan. Ciptakan bagian layanan penjualan untuk bagian penjualan agar tenaga penjual Anda dapat menjawab setiap pertanyaan penjualan.

Meningkatkan semangat

Semangat mirip dengan kepercayaan diri: Tim penjualan dengan semangat yang tinggi akan selalu dapat bekerja dengan baik dibandingkan dengan tim penjualan yang memiliki semangat rendah, selesaikan lebih banyak pekerjaan dengan sumber daya yang sedikit dan attitude yang lebih baik.

Tim dengan semangat yang tinggi merupakan hasil manajemen yang baik. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan semangat:

  • Dapat dipercaya. Selalu tepati janji Anda.
  • Selaraskan ucapan dengan tindakan untuk memberikan contoh kepada anggota tim Anda.
  • Demonstrasikan komitmen untuk meningkatkan segala aspek bisnis.

Dorong kerjasama tim

Individual yang berada dalam tim akan dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan individual yang bekerja dalam lingkungan tanpa kerjasama tim. Anggota tim akan saling peduli satu sama lain dan kombinasi dari pekerjaan mereka akan memberikan hasil yang jauh lebih baik.

Untuk mendorong kerjasama tim, ciptakan sebuah lingkungan dimana setiap individu saling peduli satu sama lain. Hindari menganakemaskan seseorang dan berikan pengakuan terhadap kerjasama tim. Sebagai contoh: berikan penghargaan untuk kerjasama tim, dengan pemenang yang di voting oleh seluruh anggota tim penjualan, dan pastikan Anda memberikan penjelasan mengapa orang tersebut mendapatkan pengakuan tersebut.


Ditayangkan sebelumnya dari situs Kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait