4 Rahasia untuk menemukan pekerjaan impian Anda

4 Rahasia untuk menemukan pekerjaan impian Anda

Apa tujuan hidup saya? Tanyakan kepada diri Anda sendiri “Apa hal yang ingin Anda capai dari pekerjaan Anda?” Jangan pernah takut untuk memiliki mimpi yang besar dan idealisme, seperti menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi kebanyakan orang. Ada begitu banyak pekerjaan di luar sana untuk orang – orang seperti Anda, jadi apapun mimpi Anda, jujurlah kepada diri Anda sendiri.

Lingkungan kerja seperti apa yang ideal untuk saya? Tidak semua kantor diciptakan sama. Beberapa lingkungan kerja mengijinkan Anda untuk mendapatkan kebebasan, sementara yang lain mungkin memiliki pengawasan. Anda mungkin diharapkan untuk dapat bersosialisasi dengan rekan kerja atau mungkin Anda harus bekerja secara mandiri. Anda mungkin diharapkan untuk lebih berinisiatif atau mungkin diberikan arahan. Apapun preferensi Anda, Anda harus dapat bekerja di lingkungan yang dapat mendukung pekerjaan impian Anda.

Pikirkan mengenai pekerjaan Anda di masa lalu

Jika Anda ingin menemukan pekerjaan impian Anda, maka masa lalu Anda dapat memberikan beberapa petunjuk mengenai karir Anda di masa depan. Dengan memikirkan hal – hal yang Anda sukai dan apa yang Anda benci dapat membantu Anda mengetahui secara detil mengenai impian Anda. Sediakan waktu sesaat untuk menganalisa pekerjaan Anda yang terdahulu. Pikirkan tentang apa yang Anda rasakan ketika Anda pergi kerja dan galilah lebih mendalam, tanyakan kepada diri Anda mengapa Anda merasakan hal tersebut. Jika Anda membenci pekerjaan Anda yang terdahulu, tantang diri Anda untuk membuat daftar hal – hal yang Anda sukai dari pekerjaan yang terdahulu. Begitu juga sebaliknya, jika Anda menyukai pekerjaan Anda yang terdahulu, coba pikirkan juga hal – hal yang Anda benci, dan bagaimana Anda dapat menggunakan posisi ini sebagai batu loncatan untuk karir Anda di masa yang akan datang.

Seleksi pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Ketika Anda sudah mendapatkan semua informasi yang Anda perlukan mengenai pekerjaan impian Anda, sekarang saatnya untuk mulai mencari. Tidak ada satu pun pekerjaan yang akan datang jika Anda tidak mencarinya. Namun, kali ini Anda akan lebih mudah untuk menemukan pekerjaan impian Anda karena Anda sudah mengetahui seperti apa preferensi Anda, sebagai contoh, jika Anda tertarik pada bidang yang membutuhkan kreativitas, maka Anda dapat mencari pekerjaan di perusahaan desain atau startup. Pintar – pintarlah dalam membuat strategi dalam setiap langkah Anda selanjutnya agar Anda dapat meraih pekerjaan impian Anda.

 

Manfaatkan interview dengan baik

Interview bukan hanya untuk mengesankan calon atasan Anda atau pihak HRD. Tetapi, gunakan kesempatan ini untuk melihat apakah perusahaan ini cocok untuk Anda atau tidak. Lakukanlah riset sebelum Anda pergi interview agar Anda dapat mengetahui budaya kerja yang ada pada perusahaan tersebut. Jadilah diri Anda sendiri ketika interview dan berikan pertanyaan di akhir sesi untuk mengetahui apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan impian Anda atau tidak. Jangan lupa untuk menyampaikan kepada pewawancara ucapan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang sudah diberikan ketika sesi interview berakhir.

Berpikir bahwa mimpi Anda sulit untuk diraih? Coba pikir lagi! Dengan pendekatan yang tepat, menemukan pekerjaan impian Anda dapat menjadi hal yang sangat mudah.

Orang – orang seringkali membuat kesalahan dengan tidak mencari pekerjaan yang tepat dan hanya mencari pekerjaan yang dapat memenuhi kebutuhan mereka saja, atau mereka hanya ingin membuat calon bos mereka terkesan agar mereka dapat direkrut. Namun, ada pekerjaan dan ada juga pekerjaan impian. Pekerjaan impian Anda bukan hanya mengenai uang saja atau mengenai apa yang Anda kerjakan setiap hari. Untuk menemukan pekerjaan impian Anda, Anda harus tahu dengan jelas apa yang Anda cari dan membuat rencana untuk meraihnya.

Mengenal diri sendiri

Untuk menemukan pekerjaan impian Anda, mulailah memahami siapa diri Anda, pekerjaan apa yang dapat Anda kerjakan dengan sangat baik, dan apa yang ingin Anda lakukan dalam hidup Anda. Berikan pertanyaan kepada diri Anda pertanyaan berikut ini:

Seperti apa kepribadian saya? Cobalah melakukan tes kepribadian disiniuntuk mengetahui apakah Anda seseorang yang memiliki karakter introvert/ekstrovert, terorganisir/spontanitas. Semakin banyak Anda mengetahui kepribadian Anda, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk menemukan pekerjaan yang tepat.

 


Ditayangkan sebelumnya dari situs Kerjayuk
Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait