Virtual Account, Bank BPD Bali Sinergi Dengan Dua PD BPR 

Virtual Account, Bank BPD Bali Sinergi Dengan Dua PD BPR 

Perusahaan Daerah (PD) BPR Werdhi Sedana Kabupaten Gianyar dan PD BPR Bank Pasar Kabupaten Bangli membicarakan kembali terkait layanan virtual account dan fasilitas-fasilitas lainnya yang bisa dikolaborasikan antara BPD Bali dengan BPR milik pemerintah daerah. Dalam hal ini BPR yang merupakan perusahaan daerah sebagai pemegang rekening kas desa yang tidak bisa lepas dari rekening kas umum daerah.  

Direktur Utama PD BPR Werdhi Sedana Kabupaten Gianyar, I Nyoman Suparsa Widana juga menyampaikan nantinya, pelayanan di PD BPR akan fokus pada pelayanan pemerintahan desa. "Oleh karena itu virtual account sangat penting karena memang untuk memfasilitasi dana-dana yang dari pusat atau provinsi yang turun langsung ke desa," ujarnya Kantor BPD Bali, Renon, Denpasar, Selasa (14/5).

Hal ini guna meningkatkan pelayanan secara umum untuk masyarakat luas. Saat ini disebutkan Suparsa, PD BPR Werdhi Sedana Kabupaten Gianyar memiliki 15 ribu nasabah yang juga melayani 64 kantor desa di seluruh Gianyar. 

"Virtual account dapat mempermudah kinerja dan efisien. Ini baru akan berjalan. Harapan kami segera bisa terealisasi. Kami pun telah siap dari sisi IT. Apa yang dibutuhkan untuk mengkonektingkan dengan IT-nya BPD sudah disiapkan. SDM juga sudah siap," tegasnya.

Sementara ditempat sama Direktur Utama PD BPR Bank Pasar Kabupaten Bangli, Made Astawa mengatakan,"dimana rekening kas desa berada di kami (BPR perusahaan daerah) dan rekening kas umum daerah berada di BPD Bali. Sehingga bagaimana mekanisme teknis biar peyalanan terhadap rekening kas desa berjalan lancar. Makanya kita bicarakan hal-hal teknis antara lain adalah terkait dengan virtual account,"ungkapnya.

Menurutnya, terkait virtual account tersebut sudah terjadi kesepakatan fasilitas yang diberikan oleh BPD. 

"BPD virtual account secara manual sudah tersedia cuma virtual account yang host to host, artinya supaya bisa berfungsi real time pelayanan lebih cepat itu sedang kita kembangkan. Setelah Lebaran kita tindaklanjuti," ucap Astawa. 

Nantinya kata dia BPD Bali virtual account berfungsi untuk melakukan pemindahan rekening dari nasabah yang ada di luar BPR melalui BPD Bali. PD BPR Bank Pasar Kabupaten Bangli saat ini memiliki sebanyak 12 ribu nasabah.

"Kalau ada nasabah yang memiliki rekening di luar BPR itu mau mentransfer ke kita itu lewat virtual account kita yang ada di BPD. Karena BPR kan tidak ikut kliring di Bank Indonesia. Jadi BPD Bali selaku APEX BPR itu merupakan bank induk kita yang nantinya melakukan pemindahan rekening dari nasabah yang ada di luar BPR melalui BPD Bali," imbuhnya.

 

 

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait