"Swadarma Asta Brata Mangutama” Kriteria Calon Pemimpin HIPMI Bali Kedepan

"Swadarma Asta Brata Mangutama” Kriteria Calon Pemimpin HIPMI Bali Kedepan

BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provonsi Bali berencana menggelar Musyawarah Daerah Bali ke XVI untuk mencari pemimpin baru. Musda Hipmi Bali dijadwalkan pada 21 Juni 2024 mendatang, namun berbagai persiapan dan sosialiasi tengah dilakukan panitia, diantaranya membuka penjaringan bakal calon ketua umum yang mulai dilaksanakan 18-20 Mei 2024.

Dengan tema “Swadarma Asta Brata Mangutama” dijelaskan, melalui musda Hipmi ini ingin menentukan sebuah langkah baru, dimana kepemimpinan Ketum APW 2020-2024 yang baik dan berhasil di segala bidang bisa diteruskan oleh generasi yang lebih muda. Terlebih lagi menghadapi gejolak ekonomi global dan era peralihan pemerintahan baru (kepemimpinan presiden, gubernur dan bupati baru) bisa membawa Hipmi Bali ini lebih berkembang ke depannya dengan mengutamakan organisasi. Organisasi pengusaha muda dapat tumbuh dan berkolaborasi dalam proses pembaharuan dan peralihan dari sisi pemerintahan baru.

Ketua SC Musda HIPMi Bali ke-16, Ar. Ir. Ari Setiya Wibawa, ASEAN Eng. didampingi Ketua OC I Putu Gede Waladipa, S.E. di Denpasar, Kamis (16/5) mengatakan, musda adalah proses regenerasi dengan memberikan kesempatan kepada kader-kader untuk berkontribusi membangun organisasi.

“Musda adalah sebuah rangkaian agenda wajib di mana Ketua HIPMi Bali saat ini, Agus Pande Widura (APW), yang sudah menahkodai selama satu periode masa kepengurusannya harus melakukan regenerasi,” ujarnya.

Berbagai rangkaian jelang musda ataupun tahapan sosialisasi kegiatan musda baik internal maupun eksternal sudah dipersiapkan mulai 16-18 Mei 2024 baik melalui surat informal ke seluruh DPC maupun secara formal ke WA group. Selanjutnya pendaftaran dari bakal calon ketua umum (balontum) diselenggarakan 20-21 Mei dengan harapan mampu menjaring kandidat atau putra-putri terbaik Hipmi yang bisa meneruskan regenerasi dari Ketua HIPMI Bali APW. Kemudian dilanjutkan pada tahap verifikasi berkas cakal calon sebelum penetapan menjadi calon ketua umum. Berikutnya adalah Silahda (silaturahmi daerah) yaitu sebuah agenda baru yang mandatory semacam gathering seluruh keluarga besar HIPMI di Bali dan juga menjadi ajang perkenalan awal daripada balontum yang sudah mendaftar.

“Nantinya akan ada agenda mensosialisasikan diri dan juga mensosialisasikan visi misi dan selanjutnya akan dilanjutkan dengan masa kampanye memperkenalkan diri dan selanjutnya diproses dalam masa tenang. Musda direncana akan dilaksanakan 19 Juni 2024 yang rencananya bertempat di The Meru Sanur,” terangnya.

Ari menjelaskan terkait persyaratan balontum yaitu berasal dari kader Hipmi ini yang sudah melalui proses masa bakti kurang lebihnya dalam satu tahun kepengurusan, menyelesaikan seluruh anggota wajib, memenuhi persyaratan administratif pada umumnya seperti perilaku yang baik.

Admin
Author : Admin

Kabardewata.com | Media cerdas dari Bali adalah media online independen, berintegritas dan terpercaya menjadi rujukan informasi oleh pembaca.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait