Sambut IMF-WBG 2018, Apron dan Fasilitas Pendukung Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Siap Dioperasikan

Sambut IMF-WBG 2018, Apron dan Fasilitas Pendukung  Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Siap Dioperasikan

Menjelang  pegelaran Annual Meeting IMF-WBG 2018 yang tersisa kurang 2 minggu lagi, Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai bersama tim dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI melaksanakan verifikasi dan evaluasi perluasan apron. Verifikasi dan evaluasi final yang dilaksanakan selama 2 hari terhitung mulai dari 24 – 25 September 2018. Setelah verifikasi dan evaluasi awal apron  yang dilakukan pada bulan Agustus lalu, pada hari Selasa (25/9) verifikasi dan evaluasi final apron sisi timur  dan sisi barat selesai dilakukan.  

Verifikasi dilakukan oleh Dirjen Perhubungan Udara selaku verifikator, diwakili oleh Tim Inspektur Navigasi Penerbangan, perwakilan dari Subdirektorat Standardisasi Bandar Udara, serta perwakilan dari Subdirektorat Peralatan dan Utilitas Bandar Udara serta Perwakilan dari Direktorat Keamanan Penerbangan. Dari pihak Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai dihadiri oleh Co. General Manager, Ketua Tim Pengembangan Fasilitas  Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Tim Airport Operation Kantor Pusat PT. Angkasa Pura I (Persero) serta Jajaran manajemen Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Perwakilan Otoritas Bandar Udara Wilayah IV, serta Perum LPPNPI (Airnav) Cabang Denpasar.  

Bertempat di Ballroom Hotel Novotel Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, acara dibuka oleh Sigit Herdiyanto selaku Co. General Manager Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai “Verifikasi dan evaluasi final ini  terkait persiapan pengoperasian apron baru dan fasilitas pendukung beserta prosedurnya dilakukan Kementerian Perhubungan guna memperbaiki catatan pada verifiksai agustus lalu, dan bertujuan  untuk mendapatkan hasil final, sebelum secara resmi seluruh fasilitas siap dan layak dioperasikan,” ucap Sigit.

Prasetiyohadi selaku Kasi Verfikasi Bandar Udara yang memimpin acara ini mengatakan,  “kegiatan _Annual Meeting_ IMF-WBG 2018 ini merupakan kegiatan yang luar biasa, karena kegiatan internasional yang membawa nama Negara Indonesia dan Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai diharapkan dapat memberikan pelayanan  yang maksimal serta nilai tambah bagi Bali pada khususnya serta mampu menampung kebutuhan operasional penerbangan untuk melayani seluruh delegasi Annual Meeting IMF-WBG 2018 tanpa mengurangi pelayanan kepada penumpang dan jadwal penerbangan reguler lainnya.”

Verifikasi dan evaluasi final ini meliputi proses verifikasi di apron barat dan apron timur dengan pengukuran perkuatan apron pada hari pertama Senin (24/9), kemudian pada hari kedua Selasa (25/9) dilanjutkan pengecekan fasilitas Gedung VVIP, Gedung Base Ops TNI AU Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Line Maintenance, Sewage Treatment Plant_ (STP) dan Gedung Parkir bertingkat serta utilitas pendukung.

“Didapatkan kesimpulan, bahwa secara umum seluruh fasilitas Bandar Udara baik Apron baru sisi barat dan sisi timur serta fasilitas pendukung lainnya untuk mendukung program Annual Meeting IMF-WBG 2018 dinyatakan siap dioperasikan,” ujar Pras.

Rabu (26/9), uji coba pertama dilakukan oleh Lion Air dengan nomor penerbangan JT-2622 rute Pudong – Denpasar tepat berhenti pada parking stand nomor 57 di apron barat pada pukul 09.20 WITA dengan membawa 98 penumpang, dan setelahnya dilakukan uji coba pada proyek apron timur, Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-727 rute Perth – Denpasar tepat berhenti pada parking stand nomor 61 pada pukul 11.41 WITA dengan membawa penumpang 160 penumpang.

“Mewakili manajemen Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai saya mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung kelancaran kegiatan proses pengembangan, sehingga pada hari ini pengoperasian apron barat dan apron timur sudah bisa dilakukan,” tutup Sigit. 

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait