Kabardewata.com

Ekonomi

PTTEP Gaungkan Sustainable Resources dan Tourims di BaliĀ 

Kategori Ekonomi, September 04, 2019, Dilihat sebanyak 4257 kali, Post oleh Admin Kabardewata


PTTEP Indonesia dan Universitas Trisakti Program Pascasarjana MM-Sustainability hadir di Bali kembali menggelar acara Seminar Nasional Membangun Kemitraan yang Berkelanjutan untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Bali pada 2017 silam menjadi tuan rumah untuk Sidang World Parliementary Forum on Sustainable Development. Sebagai salah satu penyumbang terbesar terhadap ekonomi wisata di Indonesia, Bali mengadopsi standar-standar dan pedoman internasional untuk mencapai Sustainable Development.

Sustainable development Goals (SDGs) menjadi tujuan pembangunan berkelanjutan dengan 169 capaian yang terukur sebagai agenda global yang ditetapkan oleh PBB. SDGs Terbit pada 2015 silam dengan capaian target hingga 2030 dimana Indonesia termasuk negara yang bersepakat.

Seminar yang diselenggarakan di Bali merupakan seminar kedelapan yang telah diadakan oleh PTTEP Indonesia dan Program Pascasarjana MM-Sustainability, Universitas Trisakti. Sebelumnnya diadakan seminar yagg diadakan di Pekanbaru, Riau, pada Juni 2019.

Maria R. Nindita Radyati, PhD – Founder CECsT MM-Sustainability Trisakti mengatakan kepada wartawan,"Seminar Nasional Membangun Kemitraan yang Berkelanjutan untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) adalah lanjutan dari serangkaian seminar di tahun 2018 serta 2019 yang sebelumnya diadakan di tujuh kota yaitu: Jakarta, Makassar, Palembang, Medan, Surabaya, Balikpapan dan Pekanbaru," ujarnya di Legian (5/09/2019).

"Agenda Sustainable Development Goals, terutama poin SDGs No. 17 yaitu, “Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDGs,” PTTEP dan Universitas Trisakti, MM-Sustainability, menyelenggarakan rangkaian acara seminar untuk membina relasi antar pemangku kepentingan, termasuk pemerintahan, sektor swasta, LSM dan individu di lima kota. Menjalin kemitraan ini perlu dibina agar para pemangku kepentingan dapat bersama-sama membantu Indonesia mencapai pembangunan yang berkelanjutan,"ungkapnya.

General Affairs Manager PTTEP Indonesia, Bapak Afiat Djajanegara mengatakan, “Berdasarkan antusiasme yang kami dapatkan dari peserta seminar dan lokarya di lima kota di seluruh Indonesia pada 2018, kami memutuskan untuk melanjutkan acara ini di lima kota lainnya di tahun 2019. Mengingat pentingnya menjaga kemitraan yang berkelanjutan, kami akan mengajak pemangku kepentingan dari berbagai sektor untuk terus bekerjasama membantu Pemerintah Indonesia untuk mencapai SDGs,"terangnya.

Sementara itu ditempat sama praktisi CSR dan berkelanjutan terdepan Indonesia  Bapak Jalal menambahkan,"kalau targetnya pada 2030 di Indonesia tidak ada miskin, tidak ada yang kelaparan, semua punya akses pendidikan yang memadai maka dilihat kondisi tahun 2018 sesungguhnya belum memadai," imbuhnya.

Sumberdaya yang dimiliki belum benar-benar diarahkan mencapai tujuan yg disepakati. Untuk mencaapi tujuan tersebut seluruh stakeholder harus mengamvil peran. Baik pemerintah, swasta, penggiat sosial hingga korporasi.

 


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Lainnya
Andy's Surf Villa & Bungalows
Andy's Surf Villa & Bungalows
3 Tanda saatnya Anda melakukan pivot
3 Tanda saatnya Anda melakukan pivot
Ramalan Zodiak Anda Hari Ini
Ramalan Zodiak Anda Hari Ini
Circus Waterpark Bali
Circus Waterpark Bali
Inilah Keputusan Tawur Agung Kesanga Diadakan atau Tidak Tahun Ini
Inilah Keputusan Tawur Agung Kesanga