Pedagang Siap Berjualan Online, Grebeg Pasar UMKM di Kota Denpasar

Pedagang Siap Berjualan Online, Grebeg Pasar UMKM di Kota Denpasar

Kementerian Komunikasi dan Informatika terus mendorong agar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat melakukan transformasi digital dari offline menjadi online dalam program Grebeg Pasar UMKM Jualan Online. Tidak hanya itu, pedagang yang tergabung di marketplace juga diharapkan dapat ikut memanfaatkan platform pembayaran elektronik.

Kali ini, Grebeg Pasar UMKM Go Online hadir di Kota Denpasar setelah sebelumnya telah dilaksanakan di beberapa kota lainnya, seperti Jakarta, Depok, Tangerang, Bogor, Kabupaten Bandung, Pangandaran, Solo, Kabupaten Lotim dan Kota Mataram, Surabaya, Yogyakarta, Padang, dan Cirebon. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 30 Juli sampai 11 Agustus 2019 di sejumlah lokasi, yaitu Pasar Badung, Pasar Kumbasari, Pasar Lokitasari, Pasar Agung, Pasar Nyanggelan, dan Pasar Poh Gading.

Sebanyak 2.000 UMKM di enam pasar di Kota Denpasar ditargetkan siap untuk berjualan online. Program ini juga bekerja sama dengan Bukalapak, OVO, Pemerintah Kota Denpasar, Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Denpasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, dan PD Pasar Jaya Denpasar.

Program Grebeg Pasar UMKM Go Online tidak hanya memfasilitasi para pedagang untuk on boarding di marketplace, tapi juga melakukan edukasi pedagang dalam penggunaan platform pembayaran elektronik sebagai alat pembayaran yang praktis, cepat, dan aman. 

Dalam proses pendampingan pedagang pasar, Kementerian Kominfo juga dibantu oleh 20 relawan Pandu Digital yang merupakan mahasiswa dari STMIK Primakara. Para pandu digital ini nantinya diharapkan dapat terus mendampingi para pedagang melakukan transaksi penjualan secara online.(relase)

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait