Pasca Kebakaran, Bandar Udara Internasional Bali Kembali Normal

Pasca Kebakaran, Bandar Udara Internasional Bali Kembali Normal

Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali mengoperasikan kembali seluruh check-in counter yang berada di Terminal Keberangkatan Domestik, yang sebelumnya terdampak insiden kebakaran yang terjadi Kamis pekan lalu, efektif per hari Selasa pagi, (23/04) esok. 

Dengan demikian, layanan check-in untuk penerbangan rute domestik dari maskapai penerbangan yang sempat berpindah ke Terminal Internasional, yaitu Air Asia, Travira Air, Lion Air, Wings Air, dan Batik Air,  akan beroperasi kembali di Terminal Keberangkatan Domestik, mulai esok hari.

“Dapat kami sampaikan bahwa mulai Selasa (23/04) esok hari, layanan check-in counter untuk seluruh penerbangan rute domestik dari semua maskapai akan kembali beroperasi di Terminal Keberangkatan Domestik,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Haruman Sulaksono, mengkonfirmasi.

“Setelah kami lakukan evaluasi menyeluruh pada kondisi terminal dan fasilitas meja check-in pasca insiden kebakaran kemarin, hari ini dapat kami simpulkan bahwa seluruh fasilitas yang terdampak, dinyatakan laik operasi kembali,” lanjut Haruman.

Insiden kebakaran yang terjadi di Terminal Keberangkatan Domestik Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali pada Kamis (18/04) pekan lalu, sempat mengakibatkan terganggunya layanan check-in  untuk penumpang penerbangan rute domestik. Meja check-in nomor 23-62 terpaksa dinonaktifkan untuk sementara, demi alasan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pengguna jasa bandar udara. 

Mengantisipasi hal ini, Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola bandar udara bereaksi cepat dengan membagi kapasitas layanan check-in counter dengan memindahkan layanan check-in bagi penerbangan rute domestik untuk maskapai penerbangan Air Asia, Travira Air, dan Lion Group, di Island E di Terminal Keberangkatan Internasional. 

Dengan beroperasinya kembali seluruh meja check-in untuk penerbangan domestik dari semua maskapai penerbangan, diharapkan dapat mengembalikan standar pelayanan kepada penumpang.

“Pengoperasian kembali seluruh meja check-in ini telah melalui serangkaian prosedur pengecekan, terutama dari sisi keamanan dan keselamatan. Dengan beroperasinya kembali seluruh check-in counter ini, kami harap dapat kembali memberikan kemudahan bagi seluruh penumpang,” tutup Haruman.

Selain pengoperasian kembali seluruh meja check-in di Terminal Domestik, fasilitas eskalator dan elevator juga sudah dapat kembali dipergunakan oleh pengguna jasa bandar udara. Fasilitas mesin screening check-point 2 (SCP 2) di sisi barat juga telah berfungsi kembali, dan dapat kembali dilalui oleh penumpang seperti sedia kala.

Sedangkan untuk pre screening check-point yang merupakan pemeriksaan keamanan tahap pertama bagi calon penumpang dan pengguna jasa, akan dipersiapkan terlebih dahulu sistem satu pintu. Selain itu, sistem random checking  yang akan dilakukan oleh personel Aviation Security serta optimalisasi kamera CCTV untuk profiling calon penumpang dan pengguna jasa bandar udara, turut serta akan diterapkan untuk menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan. 

Okantara
Author : Okantara

Sudah melang melintang di dunia media dari lulus kuliah. IB Okantara adalah salah satu founder dari Kabardewata.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait