Komunikasikan Kebijakan ke Publik,BI Bali Gelar Pelatihan Wartawan Ekonomi 

Komunikasikan Kebijakan ke Publik,BI Bali Gelar Pelatihan Wartawan Ekonomi 

Bank Indonesia menyadari bahwa upaya pencapaian visi untuk menjadi lembaga bank sentral yang kredibel dan terbaik di emerging market melalui penguatan nilai-nilai strategis yang dimiliki serta pencapaian inflasi yang rendah dan nilai tukar yang stabil bukanlah sesuatu hal yang mudah. 

Kebijakan-kebijakan bank sentral yang menitikberatkan pada upaya stabilitas ekonomi seringkali belum dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat. Untuk itu, pengelolaan komunikasi kebijakan kepada stakeholder dan masyarakat sangat diperlukan dalam mendukung pencapaian visi Bank Indonesia tersebut.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho mengatakan, "disinilah peran strategis media sebagai mitra dalam mengkomunikasikan kebijakan-kebijakan Bank Indonesia kepada masyarakat.Pentingnya memberikan gambaran terkait visi, misi, tugas dan peran strategis Bank Indonesia kepada media baik melalui artikel maupun peliputan kegiatan langsung khususnya terkait peran KPwBI Provinsi Bali di masa pandemi Covid-19 saat ini, dapat menjadi salah satu sarana dalam memberikan informasi kepada stakeholder maupun masyarakat luas,"ujarnya disela-sela pembukan pelatihan wartawan ekonomi wilayah kerja Bank Indonesia Provinsi Bali akan berlangsung selama tiga hari di Sanur, Rabu, (14/10/2020).

Trisno menjelaskan Bank Indonesia sebagai bank sentral yang tidak hanya bertugas menjaga stabilitas moneter, sistem keuangan dan sistem pembayaran, namun juga turut serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui kebijakan dan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) serta merupakan mitra strategis Pemerintah yang berperan sebagai advisor Pemerintah Daerah. 

"Mengingat media Bank Indonesia khususnya di Bali sering diikutsertakan dalam peliputan ekonomi, QRIS, PSBI, dll, sehingga pelatihan ini akan sangat bermanfaat sebagai pembekalan dan pemahaman kepada wartawan terkait kebanksentralan, khususnya isu strategis dan kebijakan terkini Bank Indonesia,"paparnya.

"Selain itu, untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif kepada wartawan, kami juga mensinergikan pelatihan wartawan dengan Talkshow Tourism Survival and Revival Strategy Post Covid 19: Regional Goverment View yang akan dilaksanakan pada akhir pelatihan dengan menghadirkan narasumber tokoh-tokoh nasional dan Bali yaitu Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia, Ibu Rosmaya Hadi; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Bapak Wishnutama Kusubandio; Wakil Gubernur Bali, Bapak Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati serta Bapak Sandiaga Uno,"imbuhnya.

Pelatihan wartawan ekonomi wilayah kerja Bank Indonesia Provinsi Bali akan berlangsung selama 3 (tiga) hari ke depan dengan narasumber yang berasal dari KPwBI Provinsi Bali, Satuan Kerja Bank Indonesia Kantor Pusat, PWI Pusat dan Koran Nasional.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait