Kick Off SERAMBI 2023,Masyarakat Diajak Tukarkan Uang di Layanan Resmi Perbankan

Kick Off SERAMBI 2023,Masyarakat Diajak Tukarkan Uang di Layanan Resmi Perbankan

Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho memulai pelaksanaan Semarak  Berkah Ramadhan dan Idul Fitri  (Kick Off SERAMBI)  2023 yang ditandai dengan penekanan layar digital, di Kantor Perwakilan Bank  Indonesia Provinsi Bali, Senin (27/3).

Wagub Tjok Ace menyampaikan apresiasi atas kegiatan Kick Off SERAMBI 2023  yang diharapkan  dapat mengedukasi masyarakat Bali dalam penukaran uang layak edar  menjelang hari raya Idul Fitri.

Wagub Bali menambahkan pada tahun ini Bank Indonesia  menyiapkan penukaran uang layak edar menghadapi lebaran tahun 2023 meningkat dibanding lebaran tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut terkait dengan pertumbuhan perekonomian yang semakin membaik dan tidak ada lagi penetapan status PPKM oleh pemerintah serta tradisi mudik yang dilakukan oleh masyarakat pada saat Idul Fitri. Untuk itu, Bank Indonesia akan melayani penukaran uang melalui perbankan di seluruh Provinsi se-Indonesia, termasuk di Provinsi Bali.

“Untuk  masyarakat Bali yang akan menukarkan uang untuk perayaan Idul Fitri atau lebaran tahun 2023, saya minta agar menukarkan uang di Perbankan/tempat  yang ditunjuk oleh Bank Indonesia. Masyarakat tidak perlu khawatir karena Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali akan menyediakan kebutuhan uang layak edar dalam jumlah dan pecahan yang cukup,” imbuhnya. 

Hal senada juga disampaikan Trisno Nugroho dimana aktivitas ekonomi yang semakin membaik di Pulau Bali  berdampak pada meningkatnya kebutuhan uang tunai. Untuk itu kami proyeksikan kebutuhan uang tunai selama Ramadhan 2023 adalah sebesar Rp. 2.985 miliar atau meningkat 5% dibandingkan tahun 2022. Disamping itu untuk kegiatan penukaran uang kami membuka layanan penukaran di 206 jaringan kantor bank yang tersebar di seluruh wilayah Bali serta  layanan penukaran di fasilitas publik seperti Layanan di pusat keramaian, kas keliling bersama, serta Layanan Kas Peduli Mudik di Terminal Mengwi dan Padangbai. 

“Kami berkomitmen memastikan ketersediaan uang Rupiah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh wilayah Bali pada periode bulan Ramadhan tahun 2023 ini, dalam jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai, just in time dan dalam kondisi layak edar,” tuturnya. 

Trisno Nugroho juga berharap dengan kegiatan SERAMBI 2023 ini masyarakat akan teredukasi untuk Cinta Bangga Paham Rupiah khususnya mengenai cara pengelolaan uang. Hal ini seiring dengan permintaan uang yang semakin meningkat selama Ramadhan sehingga kami  menghimbau masyarakat untuk “Belanja Bijak Menggunakan Rupiah” sebagai upaya kita bersama  untuk menekan kenaikan harga barang/inflasi.

Kick Off SERAMBI 2023 pada pagi hari ini juga diisi dengan acara pelepasan mobil kas keliling yang akan berkeliling Bali melayani penukaran uang jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Admin
Author : Admin

Kabardewata.com | Media cerdas dari Bali adalah media online independen, berintegritas dan terpercaya menjadi rujukan informasi oleh pembaca.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait