Kabardewata.com

Ekonomi

Katagori Sehat, Aset LPD Angantaka CapaiĀ  Rp21 Miliar Lebih

Kategori Ekonomi, March 03, 2019, Dilihat sebanyak 65 kali, Post oleh Admin Kabardewata


Lembaga perkreditan desa (LPD) sebagai satu kewenangan yang dikelola oleh desa adat di Bali harus mampu menjadi penggerak ekonomi desa beserta warganya.

Sebagai lembaga keuangan yang dimiliki oleh desa adat, katanya, LPD diharapkan bisa terus mendorong pembangunan ekonomi masyarakat desa sehingga menjadi sektor kredibel yang dipercaya warga Kinerja keuangan LPD Angantaka pada 2018 menunjukkan hasil yang positif. Itu tercermin dari pertumbuhan aset yang drastis mencapai Rp21,023 miliar atau tumbuh 40 persen dari pencapaian aset pada 2017 di kisaran Rp18,6 miliar.

“Ini pula mengantarkan LPD Angantaka dari tingkat kesehatan berkategori sehat,” kata Pemucuk LPD Angantaka, Anak Agung Ngurah Pastika, B.A., Minggu (3/3) di sela-sela kegiatan jalan sehat serangkaian HUT LPD ke-23.

Menurutnya katagori LPD sehat lainnya tercermin dari perolehan laba pada 2018 yang mencapai Rp735 juta atau naik 8,36 persen dari perolehan laba tahun sebelumnya Rp678,6 juta. Begitupula dari sisi penyaluran kredit, lembaga perkreditan desa ini mampu menyalurkan hingga Rp9,5 miliar pada 2018. Kondisi tersebut mengantarkan modal yang dimiliki LPD mencapai Rp3,8 miliar pada 2018.

Dengan kinerja yang termasuk baik tersebut, ia optimistis tahun ini semua target bisa terpenuhi. Karenanya memasuki usia LPD Angantaka ke-23 tahun ini akan terus berusaha meningkatan kualitas pelayanan kepada krama desa. Salah satunya memberikan kemudahan pinjaman di bawah Rp50 juta dengan bunga 1,7 persen, di atas Rp50 juta bunga 1,65 persen, Rp100 juta 1,6 persen sedangkan di atas Rp100 juta bunganya 1,5 persen.

  “Di usia yang makin dewasa, tentu akan menjadi mementum bagi LPD untuk lebih memberikan hal terbaik buat desa adat dan juga masyarakat,” ujarnya saat jalan sehat berhadiah yang diikuti ribuan krama, bertempat di depan Wantilan desa Angantaka. Di samping itu, LPD juga berperan aktif dalam bentuk punia setiap ada piodlaan di Pura Kayangan Tiga.

Pihaknya pun mengucapkan terimakasih yang setinggi tingginya pada para prejuru Desa Adat dan juga Dinas yang selama ini telah banyak membantu kita sehingga LPD Angantaka makin dipercaya krama. Bendesa Adat Angantaka Ida Bagus Ngurah, S.Ag, M.Si memberikan apresiasi positif atas kinerja yang dihasilkan pengurus LPD yang sudah bisa memberikan yang terbaik bagi desa adat. “Kami selaku perwakilan masyarakat mengucapkan terimakasih atas kerja keras pengurus LPD, khususnya bagi desa adat, terutama terkait setiap ada upacara yang di gelar desa adat,” katanya.

Ia pun berharap pada seluruh masyarakat Angantaka untuk melakukan peminjaman kredit di LPD karena saat ini dana di LPD masih belum tersalur semuanya apalagi mulai 2018 dan 2019, LPD sudah menurunkan suku bunga kredit. 

Sementara itu Kepala Desa Angantaka AA. Gede Ngurah Eka Surya menyampaikan kebanggaannya atas kinerja LPD, apalagi aset dan laba terus tumbuh. Ia berharap kinerja baik ini dapat terus dipertahankan. Serupa disampaikan Koordinator LPLPD Badung, I Dewa Nyoman Widiarsa. Pihaknya bangga kinerja LPD Angantaka pada 2018 sangat positif. Tingkat kesehatan LPD dengan katagori sehat ini diharapkan dapat terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan.  


Sumber: Kabardewata.com

Like & Share berita ini

loading...

Bagikan pendapat Anda pada artikel ini.


Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>



CAPTCHA Image
Reload Image